Yuk Kirim Eksprerimen Sederhana ke Luar Angkasa Dalam Program 'Try Zero G'

Astronot Jepang sedang mendemonstrasikan eksperimen dalam Try Zero G 2015. Kredit: LAPAN, JAXA
Info Astronomy - Ingin berpartisipasi dalam program luar angkasa? Ikutlah program Try Zero G. Program ini adalah program edukasi bagi para pelajar, khususnya di wilayah Asia Pasifik, untuk mengajukan proposal eksperimen sederhana dan kemudian astronot mendemonstrasikan eksperimen tersebut untuk dilakukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Program Try Zero G dimulai tahun 2011 dan diorganisasi oleh lembaga anggota Kibo-ABC, salah satu inisiatif Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF), untuk mempromosikan pemanfaatan Modul Eksperimen Jepang ‘Kibo’ di ISS.

Bagi program Try Zero G tahun 2016, astronot Jepang yang akan mendemonstrasikan eksperimen Try Zero G adalah Astronot Takuya Onishi dalam misi Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) ke ISS berikutnya. Kibo-ABC membuka penerimaan proposal untuk negara-negara anggota Kibo-ABC, termasuk Indonesia, dalam program Try Zero G 2016.

Penerimaan proposal Try Zero G adalah melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai POC dan untuk penyeleksian wilayah Indonesia penerimaan paling lambat tanggal 20 Februari 2016.

Adapun syarat dan ketentuan Proposal Try Zero G 2016 dapat diunduh pada tautan ini: http://iss.jaxa.jp/en/kuoa/news/151225_call_for_proposals.html

Proposal disusun sesuai format yang ditentukan pada tautan di atas dalam Bahasa Inggris dan dikirimkan kepada: rasdewita.kesumaningrum@lapan.go.id atau fitrinur.fn@gmail.com. Pertanyaan dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kedua email tersebut.

Beberapa keterangan tambahan mengenai Try Zero G dapat diakses pad http://www.aprsaf.org/newsmails_newsletters/pdf/Newsletter18.pdf pada halaman 7 serta
http://www.aprsaf.org/initiatives/kibo_abc/
Yuk Kirim Eksprerimen Sederhana ke Luar Angkasa Dalam Program 'Try Zero G' Yuk Kirim Eksprerimen Sederhana ke Luar Angkasa Dalam Program 'Try Zero G' Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/11/2016 06:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.