Kenapa Bima Sakti dan Andromeda Akan Tabrakan, Sementara Alam Semesta Memuai?

Ilustrasi ketika Andromeda bertabrakan dengan Bima Sakti. Kredit: NASA
Info Astronomy - Seperti yang kita telah ketahui bersama, alam semesta kita semakin mengembang atau memuai. Namun sejak tahun 2012, kita mengetahui informasi dari NASA melalui Teleskop Antariksa Hubble bahwa, galaksi Andromeda semakin mendekati Bima Sakti, dan diperkirakan akan tabrakan 4-5 miliar tahun lagi. Mengapa bisa?

Tahun 1929, Edwin Hubble mengukur pergeseran merah dari sejumlah galaksi jauh. Ia juga mengukur jarak relatif dengan pengukuran kecerlangan semu bintang variabel Cepheid di setiap galaksi. Saat melakukan plot pergeseran merah terhadap jarak relatif, Hubble menemukan kalau pergeseran merah galaksi jauh ini meningkat dalam fungsi linear terhadap jarak.

Galaksi-galaksi jauh itu bergerak saling menjauh satu sama lainnya, dan memberikan adanya gambaran kalau alam semesta ternyata tidak tetap (statis atau diam) melainkan mengembang atau memuai.

Fenomena menjauhnya galaksi-galaksi hanya terlihat secara secara mencolok pada galaksi-galaksi yang terjauh, yaitu pada galaksi-galaksi yang jaraknya paling tidak milyaran tahun cahaya dari kita, karena kecepatan menjauhnya galaksi akibat pemuaian alam semesta berbanding lurus dengan jaraknya dari kita. Semakin jauh jaraknya, semakin besar kecepatan pemuaiannya.

Sedangkan untuk kasus galaksi yang berada relatif dekat dengan kita, gerakan menjauhnya galaksi akibat pemuaian alam semesta masih kalah besar dibandingkan gerakan akibat interaksi gravitasi antara kedua galaksi yang berdekatan.

Seperti sebuah pertarungan antara interaksi gravitasi (yang menarik dua galaksi saling mendekati satu sama lainnya) dengan pemuaian alam semesta (yang mendorong mereka untuk saling menjauh). Seru, kan?

Inilah yang terjadi pada galaksi Andromeda yang relatif dekat dengan Bima Sakti. Interaksi gravitasi antara Galaksi Bima Sakti dan Galaksi Andromeda lebih besar dibanding gerakan menjauhnya Andromeda akibat pemuaian alam semesta.

Atau dengan kata lain; gaya gravitasi yang menang. Akibatnya, Bima Sakti dan Andromeda akan bergerak saling mendekat dan kemudian bertabrakan. Inilah yang akan terjadi di masa depan antara Galaksi Bima Sakti dan Galaksi Andromeda setidaknya empat hingga lima miliar tahun lagi.

(Pengembara Angkasa/LangitSelatan.com)
Kenapa Bima Sakti dan Andromeda Akan Tabrakan, Sementara Alam Semesta Memuai? Kenapa Bima Sakti dan Andromeda Akan Tabrakan, Sementara Alam Semesta Memuai? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/21/2016 06:19:00 PM Rating: 5

2 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.