Sabtu Dinihari, Planet Venus Berduet dengan Merkurius di Langit Timur

Letak Venus dan Merkurius di langit Timur pada 13 Februari 2016 05:30 waktu lokal. Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Untuk mengawali akhir pekan Anda, Planet Venus dan Merkurius akan terlihat berdekatan di langit Timur pada Sabtu, 13 Februari 2016. Keduanya bisa diamati di seluruh Indonesia hingga Matahari terbit.

Secara teknis, Merkurius dan Venus tidak dalam konjungsi bulan ini. Namun, dua planet ini akan muncul bersama-sama pada rentang waktu 11 hingga 15 Februari 2016. Sebelum mencoba untuk menemukan Merkurius di dekat Venus, bangunlah sekitar 80 menit sebelum Matahari terbit untuk melihat empat dari lima planet: Venus, Saturnus, Mars dan Jupiter.

Venus akan muncul mirip bintang paling terang di langit yang kedudukannya cukup dekat dengan cakrawala. Sementara Merkurius akan mengikuti Venus di langit dinihari yang cerah, sekitar satu jam atau lebih sebelum Matahari terbit.

Pada saat pendekatan terdekat mereka, Merkurius dan Venus akan terpisah 4 derajat pada tanggal 13 Februari 2016. Sebagai informasi, lebar satu jari Anda mendekati lebar dua derajat di langit, sehingga dua planet ini akan terpisah selebar dua jari Anda ketika digabungkan selama beberapa hari ke depan.

Baik Venus maupun Merkurius, keduanya bisa diamati dengan mata telanjang. Tapi jika Anda memiliki teleskop, Anda dapat melihat dua planet tetangga Bumi ini dalam satu bidang pandang sekaligus untuk beberapa hari ke depan.

Selamat observasi!
Sabtu Dinihari, Planet Venus Berduet dengan Merkurius di Langit Timur Sabtu Dinihari, Planet Venus Berduet dengan Merkurius di Langit Timur Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/12/2016 06:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.