Planet Mirip Bumi Ternyata Lebih Banyak yang Mengorbit Katai Merah

Ilustrasi. Kredit: D. Aguilar, Getty Images
Info Astronomy - Bintang katai merah atau kerdil merah merupakan bintang yang paling umum dan sering dijumpai di alam semesta (sekitar 70% dari jumlah bintang di alam semesta) dan hampir setiap bintang jenis ini memiliki planet yang terletak pada zona laik huni. Oleh sebab itu banyak sekali kemungkinan di alam semesta ini di mana kehidupan lain bisa ditemukan.

Bintang katai merah biasanya 50 kali lebih redup dari Matahari kita, tapi ukurannya 10-20 persen lebih besar. Dan berdasarkan banyak penemuan yang didapat oleh teleksop pemburu planet, teleskop antariksa Kepler, diperoleh fakta bahwa setengah dari bintang katai merah memiliki planet berbatu yang massanya sampai empat kali massa Bumi.

Simulasi komputer yang dilakukan oleh astrofisikawan Brad Hansen dari University of California di Los Angeles mengungkapkan bahwa bintang katai merah dengan massa setengah dari Matahari kita memiliki piringan proto planet yang membentang dari 0,5 SA sampai 1 SA (1 SA [Satuan Astronomi] adalah jarak Matahari dengan Bumi = 150 juta kilometer) dan berisi debu dan gas yang jumlahnya enam kali massa Bumi. 

Setelah disimulasikan 10 juta tahun, Hansen mendapati bahwa ternyata zona laik huninya berada lebih dekat dari jarak Matahari ke Merkurius yakni sekitar 0,1 hingga 0,2 SA saja. Zona laik huni ini cukup hangat untuk sebuah planet mampu mempertahankan air dalam wujud cair serta mendukung kehidupan di permukaannya. Kebanyakan planet laik huni yang mengorbit bintang katai merah berada pada jarak 0,23 hingga 0,44 SA.

Oleh sebab itu menurut Hansen sangat mungkin bagi kita untuk menemukan setidaknya satu planet yang benar-benar bisa untuk dihuni. Bahkan lebih lanjut ia mengatakan bahwa planet laik huni yang mengorbit bintang katai merah bisa mengandung air 25 kali lebih banyak daripada Bumi.
Planet Mirip Bumi Ternyata Lebih Banyak yang Mengorbit Katai Merah Planet Mirip Bumi Ternyata Lebih Banyak yang Mengorbit Katai Merah Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/08/2016 12:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.