Planet Mirip Bumi Juga Miliki Lapisan Interior Mirip Bumi

Ilustrasi interior Bumi (kiri) dan planet ekstrasurya Kepler-93b (kanan). Kredit: M. Weiss/CfA
Info Astronomy - Di sekolah dasar kita telah belajar struktur interior Bumi: kerak luar yang tipis, mantel tebal, dan inti yang seukuran Mars. Apakah planet berbatu yang mengorbit bintang lain juga memiliki tiga lapisan interior yang sama? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jawabannya adalah ya, mereka memiliki interior yang sangat mirip dengan Bumi.

"Kami telah mempelajari lebih jauh tentang bagaimana planet mirip Bumi di alam semesta. Ternyata mereka memang benar-benar mirip Bum. Bukan dari bebatuannya saja, tetapi interiornya juga," kata penulis utama studi ini, Li Zeng dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA).

Untuk mencapai kesimpulan ini, Zeng dan rekan-rekannya menerapkan model komputer yang dikenal sebagai Preliminary Reference Earth Model (PREM), yang merupakan model standar untuk interior Bumi. Mereka menyesuaikan untuk perhitungan massa dan komposisi yang berbeda, lalu diterapkan ke enam planet asing berbatu yang mengorbit bintang selain Matahari.

Mereka menemukan bahwa planet-planet ekstrasurya ini, meskipun memiliki perbedaan massa dan komposisi dengan Bumi, kesemuanya memiliki inti planet yang mengandung nikel dan besi sekitar 30 persen dari massa planet. Sebagai perbandingan, sekitar sepertiga dari massa Bumi adalah inti planetnya. Enam eksoplaner ini juga memiliki kerak dan mantel yang mirip Bumi.

"Manusia hanya mampu memahami struktur Bumi selama seratus tahun terakhir. Namun, sekarang kita dapat menghitung dan mengetahui struktur dari planet asing yang mengorbit bintang lain, meskipun kita tidak dapat mengunjungi mereka," tambah Zeng.

Model ini mengasumsikan bahwa planet-planet ekstrasurya berbatu yang jauh memiliki komposisi kimia yang mirip dengan Bumi. Hal ini wajar karena didasarkan pada kelimpahan yang relevan dari unsur-unsur kimia utama seperti besi, magnesium, silikon, dan oksigen.

Jurnal referensi:
Li Zeng, Dimitar Sasselov, Stein Jacobsen. Mass-Radius Relation for Rocky Planets based on PREM. The Astrophysical Journal, February 2016
Planet Mirip Bumi Juga Miliki Lapisan Interior Mirip Bumi Planet Mirip Bumi Juga Miliki Lapisan Interior Mirip Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/09/2016 08:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.