Pernah Ada Lautan di Charon, Satelit Alami Terbesar Milik Pluto

Topografi ngarai di Charon, dipotret oleh wahana antariksa New Horizons. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Sebuah citra terbaru dari misi wahana antariksa New Horizons milik NASA telah menunjukkan bahwa Charon, satelit alami terbesar milik Plutu, pernah memiliki lautan pada permukaannya yang kini sudah lama membeku. Bekunya lautan tersebut membuat diameter Charon menjadi lebih besar dari yang sebenarnya.

Bagian atas pada gambar di atas menunjukkan bagian dari salah satu permukaan Charon bernama Serenity Chasma, wilayah yang terletak di sekitar khatulistiwa dan merupakan jurang yang besar dan dalam di Charon.

Bagaimana tidak, jurang tersebut memiliki panjang sekitar 1.800 kilometer dan mencapai kedalaman hingga 7,5 kilometer. Sebagai perbandingan, Grand Canyon di Bumi hanya memiliki panjang 446 kilometer dan kedalaman sekitar 1,6 kilometer.

Sementara itu, pada bagian bawah dari gambar di atas menunjukkan topografi kode warna dari wilayah yang sama. Pengukuran topografi dengan warna ini memberikan para ilmuwan pengetahuan tentang adanya lapisan es air di bawah permukaan Charon yang telah ada sepanjang sejarah pembentukan Charon dan tidak ikut membeku seperti permukaan atasnya.

Citra ini diperoleh melalui instrumen Long-Range Reconnaissance Imager (LORRI) yang disematkan pada badan wahana antariksa New Horizons dengan resolusi 394 meter per piksel. Citra tersebut diambil pada jarak 78.700 kilometer dari Charon, atau sekitar 1 jam 40 menit sebelum pendekatan terdekat New Horizons dengan Charon pada tanggal 14 Juli 2015.

Mengorbit Matahari 29 kali lebih jauh daripada Bumi, planet katai Pluto dan satelit-satelit alaminya memiliki suhu permukaan yang diperkirakan -229 derajat Celcius.
Pernah Ada Lautan di Charon, Satelit Alami Terbesar Milik Pluto Pernah Ada Lautan di Charon, Satelit Alami Terbesar Milik Pluto Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/23/2016 04:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.