Para Ilmuwan Akan Umumkan Penemuan Besar Terkait Gelombang Gravitasi

Ilustrasi. Kredit: NASA JPL
Info Astronomy - Para ilmuwan mungkin telah menemukan gelombang gravitasi yang sulit dipahami, sebuah riak misterius dalam struktur ruang-waktu yang keberadaannya pertama kali diprediksi oleh Albert Einstein 100 tahun yang lalu, dalam teori terkenal relativitas umum. Setelah kita menemukannya, kita bisa mengeksplorasi alam semesta dengan cara yang baru.

Para ilmuwan dari LIGO, observatorium berbasis darat terkemuka untuk mendeteksi gelombang gravitasi, akan mengumumkan penemuan besar ini, yang dijadwalkan pada Kamis, 11 Februari 2016 pukul 22:30 WIB di beberapa tempat di seluruh dunia sekaligus: di Hanford (lokasi salah satu detektor LIGO), Washington DC, Italia dan Inggris.

Gelombang gravitasi sendiri tercipta dalam peristiwa di alam semesta kita seperti supernova, tabrakan bintang neutron maupun penggabungan lubang hitam. Gelombang gravitasi adalah "getaran" dalam struktur alam semesta, sebuah riak dalam ruang-waktu, yang bergerak pada kecepatan cahaya. Pada saat gelombang mencapai Bumi, riak berada di urutan sepermilyar diameter atom, dan dengan demikian para ilmuwan cukup cerdik untuk menemukan cara agar bisa mendeteksi riak yang sulit dipahami ini.

LIGO, yang merupakan singkatan dari Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory, awalnya telah melakukan penelitian pada tahun 2002 hingga 2010, namun hasilnya nihil. Itu tidak mengherankan karena frekuensi gelombang ini datang ke Bumi dengan volume tertentu dan tak bisa diduga-duga.

Itu sebabnya LIGO memerbarui instrumentasinya, meningkatkan sensitivitas penelitiannya sebesar 10 kali. Tetapi para ilmuwan adalah orang-orang yang berhati-hati. Mereka tidak akan mengumumkan bahwa mereka telah menemukan gelombang gravitasi sampai mereka benar-benar yakin. Namun mungkin sekarang mereka telah sangat yakin.

Menemukan gelombang gravitasi akan menjadi penemuan ilmiah yang monumental. Mengapa demikian?

Mampu mendeteksi gelombang gravitasi akan membuka jendela baru pada alam semesta. Ini akan benar-benar membuka mata kita yang sebelumnya buta, lalu akan terbuka lebar untuk melihat alam semesta... dengan cara yang baru.

Menggunakan gelombang gravitasi, ilmuwan dapat mempelajari lubang hitam, bintang neutron dan alam semesta awal yang belum pernah diteliti sebelumnya. Dan tentu saja, para ilmuwan juga akan memiliki kemampuan untuk melakukan penemuan tak terduga, keajaiban tak terduga, dari alam semesta.

Penemuan gelombang gravitasi juga akan bisa dimanfaatkan untuk mengkonfirmasi prediksi besar terakhir dari teori Einstein, relativitas umum. Teori Einstein, yang sangat inovatif dan unik ketika ia pertama kali diterbitkan di awal 1900-an, mendorong banyak kosmolog saat ini mampu menggambarkan alam semesta secara keseluruhan.

Tahun ini menandai peringatan 100 tahun publikasi teori Einstein relativitas umum, yang berisi prediksi keberadaan gelombang gravitasi. Jadi, bersiaplah untuk pengumuman besar tahun ini!