Para Astronom Temukan Planet Pengembara, 80 Tahun Cahaya dari Bumi

Ilustrasi. Kredit: Chistine Pulliam/CfA
Info Astronomy - Tiga tahun yang lalu, sebuah obyek misterius teramati bergerak sendirian di ruang antarbintang, berjarak 80 tahun cahaya dari Bumi. Obyek tersebut jauh lebih besar dari Jupiter namun lebih kecil dari kebanyakan bintang. Para astronom menyebutnya planet pengembara, planet yang tidak memiliki bintang induk.

Bernama PSO J318.5338-22.8603, atau PSO J318.5-22 agar lebih pendek, adalah sebuah planet raksasa pada kelompok Beta Pictoris. Planet pengembara ini memiliki massa 8,3 kali massa Jupiter dan suhu sekitar 1100 Kelvin. Sebuah penjelasan rinci tentang planet ini diterbitkan di ArXiv.

Ketika ditemukan, awalnya planet ini dianggap sebagai katai coklat, sebuah jenis bintang yang telah gagal untuk memulai fusi nuklir. PSO J318.5-22 sendirian di alam semesta tanpa bintang induk, sementara suhu tingginya menunjukkan bahwa planet ini hampir menjadi bintang, tapi cahaya yang dipancarkan lebih serupa dengan planet gas yang terlihat di hampir seluruh galaksi, sehingga para ilmuwan berpikir bahwa obyek ini benar-benar planet.

"Kami belum pernah melihat sebuah benda yang mengambang bebas di luar angkasa yang terlihat seperti ini. Ia memiliki semua karakteristik planet yang ditemukan sekitar bintang lain selain Matahari, tetapi melayang di luar sana sendirian tanpa bintang," kata Dr. Michael Liu, pemimpin tim yang menemukan PSO J318.5-22.

Citra planet pengembara J318.5-22 dari Teleskop Observatorium Pan-STARRS. Kredit: N. Metcalfe, Pan-STARRS
Menetapkan status planet untuk PSO J318.5-22 ini tidak mudah, karena suhunya hampir menyamai suhu sebuah katai coklat. Katai coklat memulai kehidupannya dengan suhu yang sangat panas dan dari waktu ke waktu mereka akan mendingin.

Untungnya, PSO J318.5-22 tampaknya menjadi bagian dari kelompok Beta Pictoris, sebuah gugus bintang muda dan kecil yang jaraknya relatif dekat dengan Bumi. Menggunakan teleskop Gemini North di Hawaii, para astronom bisa menegaskan bahwa obyek ini benar-benar planet. Dan berkat perhitungan fisika, diketahui planet pengembara ini berusia sekitar 23 juta tahun, yang artinya terlalu muda dan dingin untuk menjadi katai coklat.
Para Astronom Temukan Planet Pengembara, 80 Tahun Cahaya dari Bumi Para Astronom Temukan Planet Pengembara, 80 Tahun Cahaya dari Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/16/2016 09:50:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.