Mengenal Sojourner, Robot Penjelajah Mars yang Membantu Mark Watney pada Film 'The Martian'

Robot penjelajah Sojurner yang sedang meneliti batu bernama "Yogi Bear". Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Sojourner, namanya mungkin sempat melejit kembali saat pemutaran film 'The Martian' masih berlangsung di bioskop. Sojourner merupakan robot penjelajah pada misi Mars Pathfinder, diluncurkan pada 4 Desember 1996, ia merupakan kendaraan beroda pertama yang didaratkan di planet lain.

Misi Mars Pathfinder merupakan misi yang mengirimkan robot penjelajah selebar 30 cm bernama Sojourner, robot penjelajah ini berhasil mendarat di permukaan Mars pada 4 Juli 1997. Sojourner adalah robot penjelajah yang menjelajahi Mars selama sekitar tiga bulan. Robot ini memiliki kamera depan dan belakang serta beberapa alat percobaan ilmiah.

Sojourner awalnya dirancang untuk misi yang berlangsung selama 7 Sol (1 Sol = 1 Hari di Mars, 24 jam 39 menit 35 detik), dan dapat diperpanjang hingga 30 sol. Namun nyatanya, Sojourner bisa beroperasi selama 83 sol, hingga komunikasi terakhir dengan Bumi terputus pada tanggal 27 September 1997. Keberadaan Sojourner hingga sekarang masih belum diketahui.

Robot penjelajah Sojourner berhasil melakukan sejumlah eksperimen ilmiah dan teknologi yang dirancang untuk memberikan informasi yang akan meningkatkan penemuan planet di masa depan.

Meskipun penyebab hilangnya komunikasi dengan wahana pendarat dari Sojournuer mungkin tidak akan pernah diketahui, para ilmuwan menduga bahwa hal ini terjadi karena menipisnya daya baterai Sojourner (yang dirancang hanya untuk bertahan satu bulan) dan berakibat pada penurunan suhu di Mars yang ekstrem.

Sojourner yang ditemukan Mark Watney pada film 'The Martian'. Kredit: Getty Images

Sojourner yang Eksis di 'The Martian'

Jika Anda sudah menonton film atau membaca novel 'The Martian', Anda pasti tidak terlalu asing dengan Sojourner. Ya, robot penjelajah yang telah lama hilang kontak dengan NASA ini ditemukan dan dihidupkan kembali oleh Mark Watney (tokoh utama 'The Martian').

Ketika sistem komunikasi di Hab (rumah astronot Mars pada film 'The Martian') rusak akibat diterjang badai pasir, Watney punya ide brilian untuk berkomunikasi dengan pihak NASA di Bumi. Berkat alat Mars Pathfinder dan Sojourner yang mendarat di Mars tahun 1997, Watney akhirnya bisa menjalin komunikasi kembali setelah hilang kabar selama berbulan-bulan. Tapi, bisakah hal itu benar-benar terjadi?

"Secara teori, hal itu mungkin saja," kata Lavery, anggota Jet Propulsion Laboratory NASA yang juga pernah terlibat dalam misi Pathfinder. "Robot penjelajah tersebut berada di sana sejak 1997 dan tidak berfungsi lagi karena kehabisan baterai. Tapi seandainya Anda menggantinya dengan baterai baru, itu (Sojourner) masih berfungsi dengan baik."
Mengenal Sojourner, Robot Penjelajah Mars yang Membantu Mark Watney pada Film 'The Martian' Mengenal Sojourner, Robot Penjelajah Mars yang Membantu Mark Watney pada Film 'The Martian' Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/14/2016 05:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.