Mengamati Indahnya Rasi Bintang Crux Si Layang-layang

Rasi bintang Crux yang berbentuk mirip layang-layang di langit Selatan. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Rasi bintang Crux atau Lintang Gubug Penceng adalah gugus bintang yang kalau kita tarik garis dari satu bintang ke bintang yang lain akan terbentuk pola layang-layang atau salib. Terletak di langit arah Selatan, rasi bintang ini memiliki makna penting karena menjadi penanda arah bagi para nelayan.

Tersusun atas beberapa bintang yaitu Acrux (Alpha Crux), Gacrux (Gamma Crux), Mimosa, Delta Crucis dan Epsilon Crucis. Dari kelima bintang yang ada, Mimosa merupakan bintang yang paling terang di rasi bintang Crux, dan Epsilon Crucis sebagai bintang yang paling redup diantara lainnya.

Sistem bintang dari kelima bintang ini ternyata bermacam-macam, Acrux dengan sistem bintang ganda, Gacrux dengan tiga sistem bintang, Mimosa dengan sistem bintang ganda dan Delta Crucids satu bintang. Didukung dengan magnitudo bintang yang relatif terang (1–1,5) Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa rasi bintang Crux menjadi salah satu rasi yang mudah dan sering tampak di langit malam.

Dengan tidak adanya bintang kutub yang tampak jelas pada langit selatan (σ Octantis merupakan bintang terdekat dengan kutub langit selatan, tetapi sangat redup sehingga tidak terlalu bermanfaat), dua bintang pada rasi bintang Crux (Acrux dan Gacrux) seringkali dipakai untuk menentukan kutub Selatan. Mengikuti garis yang ditunjukkan oleh kedua bintang itu dan memperpanjangnya sekitar 4,5 kali jarak antara kedua bintang itu, maka akan membawa kita pada suatu titik yang dekat dengan kutub langit Selatan.

Rasi bintang Crux muncul di langit Indonesia hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Rasi bintang Crux dapat kita lihat mulai Maret hingga bulan Agustus. Jika menggunakan binokular maupun teleskop, kita dapat mengamati beberapa objek di sekitar rasi bintang Crux seperti Jewel Box, yakni sebuah gugus bintang terbuka atau nama astronomisnya Cru Cluster (atau NGC 4755).

Ditulis oleh: Martin Marthadinata
Ingin mengirim tulisan seperti ini juga? Klik di sini.
Mengamati Indahnya Rasi Bintang Crux Si Layang-layang Mengamati Indahnya Rasi Bintang Crux Si Layang-layang Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/04/2016 09:50:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.