Melihat Bintang di Siang Hari Ketika Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total. Kredit: Hugh Carrick Allan
Info Astronomy - Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 yang lintasi Indonesia makin "bergemuruh" euforianya. Peristiwa Gerhana Matahari Total adalah peristiwa saat seluruh piringan Bulan menutupi Matahari, sehingga langit menjadi gelap dan yang menarik; bintang-bintang akan terlihat.

Ketika Matahari sudah tertutup dan tidak ada lagi cahaya Matahari, pengamat bisa melihat bintang dan planet yang biasanya kalah terang oleh sinar Matahari di siang hari. Menarik? Tentu, namun ada tapinya.

Memang benar, bintang-bintang akan terlihat dengan mata telanjang ketika Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 nanti terjadi, tapi HANYA pada saat fase gerhana total saja, dan HANYA untuk wilayah Indonesia yang dilintasi jalur gerhana total.

Jangan bayangkan visibilitas bintang dan planet yang terlihat ketika Gerhana Matahari Total sama seperti langit gelap tanpa polusi cahaya. Bintang yang terlihat di langit saat fase gerhana total yang akan terlihat hanya bintang yang maksimal memiliki magnitudo +3. Karena saat gerhana total langit dekat horizon ada cahaya yang sedikit terang dan itu mengakibatkan polusi cahaya yang cukup signifikan.

Pada 9 Maret 2016, wilayah-wilayah yang dilintasi jalur gerhana total adalah Palembang (dengan durasi gerhana 1 menit 52 detik), Bangka & Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

Sementara itu, wilayah yang tidak disebutkan hanya akan melihat Gerhana Matahari Sebagian atau Parsial, mulai dari 60-90%. Jakarta misalnya, hanya kebagian gerhana Matahari sekitar 86%, berbeda dengan Palembang yang mendapat jatah gerhana Matahari 100% total.

Infografis Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016:

Ilustrator & hak cipta: InfoAstronomy.org
Unduh ebook panduan dan informasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 yang berisi informasi mengenai berapa persen gerhana di daerah Anda dan pukul berapa gerhana tersebut terjadi, klik di sini: infoastronomy.org/gerhana-2016