Lihat Bulan dan Jupiter Berduaan Selama Dua Malam

Letak Bulan dan Jupiter pada 23-24 Februari 2016. Ilustrator: Info Astronomy
Info Astronomy - Ingin melihat Bulan dan Planet Jupiter sekaligus? Inilah waktu yang tepat. Pada 23 dan 24 Februari 2016, kedua benda langit ini akan berdekatan satu sama lain. Namun ini hanyalah perspektif kita sebagai pengamat di Bumi, pada kenyataannya mereka berjarak sangat berjauhan di bidang Tata Surya.

Dari Indonesia, Bulan dan Jupiter akan terlihat mulai pukul 20:00 waktu lokal daerah Anda. Mereka sebenarnya sudah terbit sekitar pukul 19:20 waktu lokal pada tanggal 23 dan terbit pukul 19:35 pada tanggal 24 Februari 2016, namun baru enak diamati satu hingga dua jam kemudian saat mereka sudah tinggi dari horison Timur.

Pada 23 Februari 2016, posisi Planet Jupiter akan berada di bawah Bulan yang masih berada di fase Purnama (Full Moon). Sementara pada 24 Februari 2016, Bulan yang akan berada di bawah Planet Jupiter, persis seperti ilustrasi peta langit di atas.

Bagaimana cara menemukan Jupiter? Bagi Anda yang belum pernah melihat Jupiter (atau planet-planet Tata Surya lainnya di langit), mungkin berpikir Jupiter akan nampak besar atau rakasasa. Sayangnya hal tersebut tidak akan terjadi. Sebab karena jarak Jupiter yang jauh sekali, Jupiter hanya akan nampak bagai bintang kuning keemasan yang tidak berkelap-kelip dan lebih terang dari bintang-bintang sesungguhnya di langit.

Namun, bagi Anda yang memiliki teleskop, Anda bisa menyaksikan Jupiter lebih besar dan lebih dekat. Bahkan Anda bisa melihat garis-garis awan permukaan Jupiter serta empat satelit alami terbesarnya lewat teleskop. Namun sayangnya Bulan dan Jupiter akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop.

Pengamatan disarankan dilakukan di tempat yang pandangan langitnya luas. Bisa disaksikan di seluruh Indonesia selama langit cerah. Selamat mengamati!