HARI INI 1971: Apollo 14 Kembali ke Bumi Setelah Mendarat Selama 2 Hari di Bulan

Kru Apollo 14, dari kiri ke kanan: Stuart A. Roosa, Alan Shepard Jr., Edgar D. Mitchell. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Apollo 14 adalah sebuah misi luar angkasa berawak kedelapan dalam program Apollo Amerika Serikat, dan misi ketiga yang mendarat di Bulan. Apollo 14 juga merupakan misi terakhir dari pendaratan "misi H" yang berhasil mendarat dan tinggal selama dua hari di Bulan. Hari ini 45 tahun yang lalu, mereka pulang ke Bumi.

Kru Apollo 14 terdiri dari Komandan Alan Shepard, Pilot Modul Stuart Roosa, dan Pilot Modul Bulan Edgar Mitchell. Mereka diluncurkan pada misi sembilan hari pada tanggal 31 Januari 1971 pukul 16:04 waktu setempat setelah 40 menit 2 detik tertundah karena cuaca buruk.

Shepard dan Mitchell menjadi dua manusia ke-5 dan ke-6 yang berhasil menginjakan kaki di Bulan, tepatnya pada tanggal 5 Februari 1971 di sebuah wilayah di Bulan yang bernama Fra Mauro. Wilayah ini awalnya menjadi lokasi pendaratan misi Apollo 13, namun Apollo 13 gagal mendarat.

Astronot Alan Shepard bermain golf di Bulan pada misi Apollo 14. Kredit: NASA
Selama di Bulan, Shepard dan Mitchell melakukan moonwalk alias berjalan-jalan di Bulan, mengumpulkan batuan Bulan seberat 42 kilogram, serta melakukan beberapa eksperimen ilmiah di permukaan satu-satunya satelit alami milik Bumi tersebut, termasuk studi seismik.

Shepard juga sempat memukul dua bola golf di permukaan Bulan dengan pemukul golf khusus yang dibawanya dari Bumi. Shepard dan Mitchell menghabiskan sekitar 33 jam di Bulan, dengan sekitar 9,5 jam berjalan-jalan di Bulan.

Sementara Shepard dan Mitchell berada di permukaan, Roosa tetap di orbit Modul Bulan, ia melakukan eksperimen ilmiah dan memotret Bulan dari orbit rendahnya. Dan setelah misi selesai, Shepard, Roosa, dan Mitchell mendarat di Samudra Pasifik pada 9 Februari 1971.
HARI INI 1971: Apollo 14 Kembali ke Bumi Setelah Mendarat Selama 2 Hari di Bulan HARI INI 1971: Apollo 14 Kembali ke Bumi Setelah Mendarat Selama 2 Hari di Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/09/2016 12:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.