Setelah 340 Hari di Luar Angkasa, Astronot NASA dan Kosmonot Rusia Bakal Pulang ke Bumi

Kiri: astronot NASA Scott Kelly, kanan: kosmonot Rusia Mikhail Kornienko. Kredit: NASA
Info Astronomy - Hari yang dinanti telah tiba, astronot NASA (AS) Scott Kelly dan kosmonot Roscosmos (Rusia) Mikhail Kornienko akan pulang ke Bumi. Mereka adalah dua antariksawan yang menjalani misi hampir setahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dijadwalkan akan pulang ke Bumi pada 2 Maret 2016.

Kedua antariksawan ini pulang ke Bumi setelah 340 hari berada di orbit rendah Bumi. "Ini seperti berkemah selama satu tahun," ujar Kelly, saat konferensi pers terakhirnya di orbit sebelum kembali ke Bumi.

Di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kedua antariksawan ini diberikan kesempatan penelitian langka untuk mempelajari medis, fisiologis, dan psikologis serta kinerja astronot saat menghadapi misi luar angkasa yang berdurasi panjang seperti mereka.

Misi yang hampir satu tahun ini sangat penting untuk loncatan besar menuju misi pendaratan manusia di Planet Mars. "Secara fisik saya merasa cukup baik. Bagian tersulit adalah terisolasi dalam arti fisik. Tentu saja ada rasa kehilangan untuk berada dengan orang yang Anda cintai di Bumi saat Anda berada di luar angkasa," tutur Kelly.

Kelly dan Kornienko akan menumpangi kapsul antariksa Soyuz untuk kembali ke Bumi. Undocking akan berlangsung pada pukul 08:05 WIB pada 2 Maret 2016. Dan diperkirakan kedua astronot ini akan mendarat di Kazakstan pada pukul 11:27 WIB di hari dan tanggal yang sama.

NASA TV akan menyiarkan secara langsung mulai dari farewell ceremony hingga kedua antariksawan ini mendarat di Bumi mulai pukul 03:10 WIB pada 2 Maret 2016, klik di sini untuk menonton NASA TV: infoastronomy.org/nasatv
Setelah 340 Hari di Luar Angkasa, Astronot NASA dan Kosmonot Rusia Bakal Pulang ke Bumi Setelah 340 Hari di Luar Angkasa, Astronot NASA dan Kosmonot Rusia Bakal Pulang ke Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/28/2016 11:21:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.