Tidak Punya Filter untuk Pengamatan Gerhana Matahari 9 Maret 2016? Ini Alternatifnya!

Melihat gerhana Matahari. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Melihat gerhana Matahari dengan mata secara langsung sama bahayanya dengan melihat Matahari saat tidak terjadi gerhana, cahaya Matahari yang sebegitu silaunya bisa merebus retina mata sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Untuk mengantisipasi, kita butuh filter Matahari. Tapi bagaimana jika tidak punya filter Matahari? Ada penggantinya, lho!

Filter Matahari biasanya terbuat dari bahan kaca yang dilapisi campuran nikel dan kromium atau terbuat dari milar yang dilapisi dengan logam. Untuk pengamatan Matahari secara langsung dapat digunakan filter dari bahan yang sederhana. Filter Matahari aman digunakan apabila kerapatan optiknya 5 atau lebih. Filter dapat dikatakan aman apabila memiliki kekedapan yang baik terhadap sinar UV dan Inframerah.

Jika anda tidak memiliki filter Matahari, alternatif lain yang bisa digunakan adalah menggunakan negatif film atau klise yang sudah dibakar atau diekspos atau dipapar di cahaya Matahari.

Negatif film yang akan Anda gunakan sebagai pengganti filter HARUS yang hitam putih, bukan yang berwarna. Negatif film hitam-putih yang sudah dipapar Matahari, selanjutnya harus dicuci di studio foto. Potong dan rekatkan hingga tiga lapis. Filter dari negatif film ini sudah cukup aman untuk pengamatan Matahari.

Namun pastikan dulu, ketika selesai dcuci di studio foto, negatif film hitam putih yang Anda miliki harus sudah benar-benar gelap dan tidak ada sinar yang masuk serta tidak ada goresan. Jika ada goresan maka negatif film tidak dapat digunakan lagi.

Merek dan tipe dari negatif film yang aman digunakan sebagai filter Matahari adalah Kodak TMAX 100 atau Kodak PlusX, merek dan tipe ini sudah diuji dan aman untuk pengamatan Matahari ataupun gerhana Matahari secara langsung. Bahan jenis ini aman karena memiliki lapisan perak setelah dicuci di studio foto.

Sedangkan untuk floppy disk dan CD tidak begitu aman sebagai bahan filter Matahari. Hal ini disebabkan oleh tidak seragamnya kualitas produk ini. Terdapat beberapa produk CD hanya dilapisi film aluminium yang tipis.

Hindari Melihat Gerhana Matahari Melalui Air di Baskom

Ember atau baskom berisi air tidak banyak mengurangi intensitas sinar Matahari. Ini adalah cara yang keliru untuk mengamati gerhana Matahari secara aman. Karena meskipun air hanya memantulkan 5% cahaya Matahari, pantulan yang dihasilkan masih sangat terang dan pada akhirnya akan tetap dapat menyebabkan kerusakan mata.

Ketika terjadi gerhana Matahari total, pada saat seluruh permukaan Matahari tertutupi Bulan 100%, kita dapat melihat secara langsung ke arah Matahari tapi hanya untuk beberapa saat saja, dalam kisaran beberapa detik sampai beberapa menit. Setelahnya, kita harus mulai siap-siap ketika Bulan sudah kelihatan bergerak pergi dan sedikit permukaan Matahari mulai muncul lagi, segera melakukan lagi cara melihat yang aman.
Tidak Punya Filter untuk Pengamatan Gerhana Matahari 9 Maret 2016? Ini Alternatifnya! Tidak Punya Filter untuk Pengamatan Gerhana Matahari 9 Maret 2016? Ini Alternatifnya! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/05/2016 08:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.