18.300 Orang Telah Mendaftar Sebagai Calon Astronot Baru NASA

Astronot NASA sedang melakukan spacewalk. Kredit: NASA
Info Astronomy - Setelah membuka lowongan kerja sebagai astronot sejak Desember 2015, NASA mengumumkan pada Jum'at (19/2) bahwa mereka telah menerima lamaran dari sekitar 18.300 orang. Angka ini lebih dari dua kali lipat rekor sebelumnya, yakni 8.000 pelamar pada tahun 1978.

Dari 18.300 calon astronot ini, NASA mengatakan nantinya hanya akan memilih 8 hingga 14 orang yang bakal menjadi astronot tetap mereka. NASA memperkirakan akan memakan waktu 1,5 tahun untuk pelatihan dan mengeliminasi ribuan calon astronot untuk mendapatkan astronot-astronot pilihan mereka.

Seperti yang diketahui, NASA memang membuka lowongan kerja sebagai astronot pada 14 Desember 2015. Lowongan tersebut terbuka bagi warga negara AS dengan gelar sarjana dalam sains, matematika atau teknik.

"Tidak terlalu mengejutkan ketika kami mendapat begitu banyak lamaran kerja (sebagai astronot) dari berbagai latar belakang yang ingin secara pribadi berkontribusi bagi kelangsungan misi kami," tutur Charles Bolden, Kepala NASA, yang juga mantan komandan pesawat ulang-alik, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari NASA.gov.

Astronot yang terpilih pada kelas astronot terbaru ini nantinya bakal dilatih untuk meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan kapsul antariksa sedang dikembangkan oleh SpaceX dan Boeing, serta menggunakan pesawat luar angkasa Orion milik NASA yang bakal digunakan untuk misi pendaratan manusia di Mars.

NASA memiliki ambisi besar untuk mengirim astronot ke Planet Mars pada tahun 2030-an, dan dari astronot yang terpilih nanti akan disaring lagi dan dilatih untuk melakukan misi ambisius tersebut.
18.300 Orang Telah Mendaftar Sebagai Calon Astronot Baru NASA 18.300 Orang Telah Mendaftar Sebagai Calon Astronot Baru NASA Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/20/2016 08:27:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.