Tiongkok Siap Daratkan Robot Pertama di Sisi Jauh Bulan Tahun 2018

Sisi jauh Bulan dipotret oleh astronot Apollo 16. Kredit: NASA
Info Astronomy - Umat manusia telah mengirim robot penjelajah dan wahana antariksa untuk mengeksplorasi Bulan sejak tahun 1959. Tapi dalam 57 tahun terakhir, sisi jauh dari satu-satunya satelit alami milik Bumi kita ini tetap tak tersentuh oleh jejak manusia maupun robot. Dan saat ini, Tiongkok siap menjelajahinya.

Menurut Xinhua News Agency, Tiongkok akan melakukan misi antariksa ke sisi jauh Bulan pada tahun 2018 mendatang. Disebut Chang'e-4, misi tak berawak ini akan menjelajahi dan melakukan survei geologi tanah permukaan Bulan yang belum terpetakan selama ini.

Sekadar informasi, sisi jauh Bulan merupakan sisi permukaan Bulan yang tidak pernah menghadapi Bumi. Karena kala rotasi dan revolusi Bulan sama, hal ini menyebabkan hanya ada satu sisi Bulan yang menghadap Bumi, sisi yang selalu kita lihat secara penuh saat fase Bulan Purnama. Pertama kalinya manusia melihat sisi jauh Bulan adalah pada tahun 1959, ketika Uni Soviet mengerahkan wahana antariksa Luna 3 untuk memotretnya.

Manusia belum pernah ke sisi jauh Bulan karena jika berada di sana sinyal komunikasi dari Bumi bisa "teblokir." Dengan begitu, sejauh ini misi yang ke Bulan hanya mengirimkan wahana antariksanya ke wajah Bulan yang terlihat dari Bumi.

Namun begitu, justru alasan Tiongkok mengirim robot ke sana merupakan misi awal dari misi membangun basis di sisi jauh Bulan. Berada di sisi jauh Bulan akan terlindung dari aliran konstan radio antarmuka Bumi yang bisa memberikan sebuah teleskop radio pandangan yang lebih jelas dari alam semesta.

Presiden Xi Jinping telah membuat eksplorasi luar angkasa saat ini sebagai prioritas utama untuk Tiongkok. Xi Jinping berharap Tiongkok bisa memanfaatkan program luar angkasa sebagai demonstrasi yang meningkatkan kecakapan ekonomi dan teknologi mereka.

Sebelumnya, misi luar angkasa Tiongkok dituduh hanya meniru misi sebelumnya oleh Rusia dan Amerika. Namun, jika Chang'e-4 ini sukses, Tiongkok akan mengokohkan tempatnya sebagai pemain baru yang besar dalam eksplorasi antariksa.
Tiongkok Siap Daratkan Robot Pertama di Sisi Jauh Bulan Tahun 2018 Tiongkok Siap Daratkan Robot Pertama di Sisi Jauh Bulan Tahun 2018 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/16/2016 10:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.