Senin (1/2) Dinihari, Planet Mars Berkencan dengan Bulan

Letak Bulan dengan Planet Mars pada dinihari, 1 Februari 2016. Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Mengawali hari pada 1 Februari, kita berkesempatan melihat konjungsi Bulan dengan Planet Mars saat dinihari. Mereka akan berada pada pendekatan terdekat, yang membuat mereka hanya terpisah 2°39' satu sama lain di langit Bumi.

Dari Indonesia, pasangan ini akan terlihat di langit Timur sebelum fajar. Mereka telah terbit pada pukul 23:48 waktu lokal tanggal 31 Januari 2016, atau sekitar 6 jam 7 menit sebelum Matahari terbit. Setelah itu, mereka baru enak dilihat pada pukul 02:00 waktu lokal, 1 Februari 2016.

Ketika itu, Bulan dan Planet Mars akan berkedudukan di atas 10° di atas horison Tenggara. Mereka akan berdekatan persis seperti pada simulasi peta langit di atas. Bulan dan Mars akan memudar dari pandangan karena cahaya fajar pukul 05:41 waktu lokal daerah Anda.

Pada saat konjungsi, Bulan akan bersinar di magnitudo -11,8, dan Mars di magnitudo +0,4. Keduanya berada di rasi bintang libra Libra. Pasangan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop, tapi bagi Anda yang tidak punya teleskop, Anda tetap dapat melihat keduanya. Mars akan nampak bagai bintang kemerahan di dekat Bulan separuh.

Selamat mengamati!
Senin (1/2) Dinihari, Planet Mars Berkencan dengan Bulan Senin (1/2) Dinihari, Planet Mars Berkencan dengan Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/31/2016 04:24:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.