Sebuah Rasi Bintang Baru untuk David Bowie

Rasi bintang baru untuk mendiang David Bowie. Kredit: Starman
Info Astronomy - Pada bulan Juli 1969, ketika misi Apollo 11 meluncur menuju Bulan, mendiang David Bowie merilis single "Space Oddity", yang membuat umat manusia ingin berlomba-lomba ke Bulan. Dari lagu-lagu seperti "Starman" dan "Life on Mars", tidak ada penyanyi pop lainnya yang berhasil mengilhami eksplorasi antariksa sebanyak David Bowie.

Sebagai penghormatan atas kepergiannya pekan lalu, para astronom Belgia telah berinisiatif untuk membuat dan memberikan nama rasi bintang baru untuk mendiang David Bowie. Rasi bintang ini terdiri dari tujuh bintang yang membentuk "petir", yang terinpirasi dari album Bowie tahun 1973, "Aladdin Sane," salah satu gambar yang paling ikonik.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara stasiun radio Studio Brussel dan observatorium publik MIRA di Belgia, yang disebut Stardust For Bowie. Pada peta interaktif dari Google Sky Map, Anda juga dapat mengirim pesan dari lagu Bowie favorit Anda ke salah satu bintang yang berada dalam rasi bintang baru ini.

"Tidak mudah untuk menentukan bintang yang tepat untuk rasi bintang baru ini. Studio Brussel meminta kami untuk memberikan Bowie tempat yang unik di galaksi," kata Philippe Mollet, dari observatorium publik MIRA, seperti dilansir dari IFLScience.com.

"Mengacu pada berbagai album Bowie, kami memilih tujuh bintang: Sigma Librae, Spica, Alpha Virginis, Zeta Centauri, SAA 204 132, dan Beta Sigma Octantis Trianguli Australis. Rasi bintang ini berbentuk petir," tambahnya.

Namun perlu dicatat bahwa, rasi bintang ini belum diakui secara resmi oleh International Astronomical Union (IAU). Seperti yang diketahui, secara internasional IAU diakui sebagai pihak yang berwenang atas penamaan bintang, planet, asteroid, dan benda langit lainnya (termasuk rasi bintang) dalam komunitas ilmiah dan merupakan badan resmi astronomi.

Kelompok-kelompok pekerjanya ialah Grup Kerja untuk Tata Nama Sistem Planet (WGPSN), yang memelihara konvensi penamaan astronomi dan tata nama planet untuk benda luar angkasa. IAU juga bertanggung jawab buat sistem Telegram Astronomi yang diproduksi dan disalurkan atas kepentingan Biro Telegram Astronomi Pusat.

Jadi, setujukah Anda apabila IAU harus meresmikan rasi bintang untuk David Bowie ini?
Sebuah Rasi Bintang Baru untuk David Bowie Sebuah Rasi Bintang Baru untuk David Bowie Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/19/2016 09:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.