Robot Curiosity Kirim 'Selfie' di Bukit Pasir Planet Mars

Robot Curiosity selfie di bukit pasir pada permukaan Planet Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech/MSSS
Info Astronomy - Mendarat di Planet Mars pada 6 Agustus 2012, robot penjelajah Curiosity milik NASA hingga saat ini masih aktif. Mulai dari aktif melakukan eksperimen ilmiah, hingga aktif berfoto selfie. Yang terbaru, robot seukuran mobil beroda enam ini mengirim selfie-nya dari bukit pasir pada permukaan Planet Merah.

Potret selfie dari robot penjelajah Curiosity ini menampilkan sang robot yang sedang berada di wilayah bernama "Namib Dune," di mana robot penjelajah canggih ini meneliti pasir dengan menggali dan menyekopnya untuk dimasukan ke laboratorium mini yang telah disematkan NASA di tubuhnya.

Menariknya, banyak orang yang justru lebih ingin tahu bagaimana Curiosity melakukan selfie tanpa terlihat tongsis alias tongkat eksis pada fotonya. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Ini bukan selfie yang hanya satu frame seperti halnya kira selfie di Bumi untuk diunggah ke sosial media. Selfie Curiosity ini merupakan hasil gabungan dari 57 frame berbeda yang diambil pada 19 Januari 2016, pada Sol 1228.

Apakah Curiosity butuh tongsis? Tentu saja. Namun tongsis Curiosity berbeda dengan tongsis kita, ia menggunakan lengan robotiknya yang telah disematkan sebuah kamera (yang fungsinya bukan hanya untuk selfie). Kamera yang digunakan untuk selfie ini berama Mars Hand Lens Imager (Mahli), yang berada pada ujung lengan robot penjelajah ini.

Kamera Mahli mengambil total 57 foto dari sudut yang berbeda, lalu dikirim ke Jet Propulsion Laboratory NASA di Bumi, dan disatukan sedemikian rupa oleh para ilmuwan NASA agar mendapatkan selfie Curiosity seperti pada foto di atas.

Bagian-bagian robot Curiosity. Kredit: Wikimedia Commons
Selfie di atas tidak menampilkan lengan Curiosity yang cukup panjang. Karena itulah Curiosity mampu menciptakan selfie, gerakan pergelangan tangan dan rotasi di lengan robotik seperti gambar bagian-bagian robot Curiosity di atas membuat pergerakan kamera Mahli bisa memotret 57 foto dengan sudut yang berbeda.

Mahli dibangun oleh Malin Space Science Systems, di San Diego. Jet Propulsion Laboratory NASA, sebuah divisi dari California Institute of Technology di Pasadena, adalah pengelola robot Curiosity yang saat ini sedang berjalan-jalan di Planet Merah.

Sementara itu, Namib Dune merupakan wilayah bukit di Mars dengan pasir yang gelap, terletak di dekat padang pasir Bagnold Dune di sepanjang sisi barat laut Gunung Sharp. Citra satelit yang diambil dari orbit Mars menunjukkan bahwa perbukitan di Bagnold Dune bisa bergerak sejauh 1 meter per tahun Bumi!