New Horizons Potret Tanda "X" di Permukaan Pluto

Tanda "X" pada permukaan Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Sebuah tanda "X" menandai sebuah lokasi di permukaan Pluto yang sedang terjadi aktivitas pergolakan yang menarik. Citra terbaru dari Pluto ini dikirim oleh wahana antariksa New Horizons milik NASA yang berhasil terbang lintas dekat planet kerdil tersebut pada Juli 2015 silam.

Ditransmisikan ke Bumi pada tanggal 24 Desember 2015, citra ini diambil menggunakan instrumen Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) yang disematkan pada badan New Horizons. Tanda "X" ini diidentifikasi berada pada wilayah bernama Sputnik Planum, dataran es yang membentuk "hati" pada permukaan Pluto.

Sputnik Planum berada pada ketinggian yang lebih rendah dari daerah sekitarnya, tetapi tidak benar-benar datar. Permukaannya terdapat sebuah lubang-lubang atau poligon selebar 15 sampai 60 kilometer.

Ilmuwan misi New Horizons percaya pola lubang-lubang ini berasal dari konveksi termal yang lambat dari es yang didominasi nitrogen pada wilayah Sputnik Planum. Nitrogen padat dipanaskan pada kedalaman oleh panas internal Pluto, sehingga menjadi ringan dan naik ke atas permukaan sebagai gumpalan besar, lalu kemudian mendingin dan tenggelam lagi untuk memerbaharui siklus. Dan secara tidak sengaja membentuk tanda "X" ini.

"Ini bagian dari Pluto bertindak seperti lava," kata William McKinnon, wakil utama dari misi Geologi, Geofisika dan Pencitraan New Horizons, dari Washington University di St Louis, "Jika lava di Bumi adalah material yang panas, di Pluto lava ini merupakan es."
New Horizons Potret Tanda "X" di Permukaan Pluto New Horizons Potret Tanda "X" di Permukaan Pluto Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/11/2016 09:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.