Saran pencarian

Malam Ini, Bulan akan Bertemu dengan Planet Jupiter di Langit

Sebuah peristiwa langit konjungsi Bulan dengan Planet Jupiter bakal terlihat malam ini, 27 Januari 2016 di seluruh langit dunia termasuk Indonesia. Bulan dan Jupiter akan membuat pendekatan terdekat mereka di langit sehingga hanya akan terpisah 1°20' satu sama lain.
Letak Bulan dan Planet Jupiter di langit malam ini. Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Sebuah peristiwa langit konjungsi Bulan dengan Planet Jupiter bakal terlihat malam ini, 27 Januari 2016 di seluruh langit dunia termasuk Indonesia. Bulan dan Jupiter akan membuat pendekatan terdekat mereka di langit sehingga hanya akan terpisah 1°20' satu sama lain.

Dari Indonesia, pasangan ini akan terlihat mulai pukul 22:00 waktu lokal daerah Anda, ketika mereka berada lebih dari 10° di atas ufuk Timur daerah Anda. Mereka kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 03:00 waktu lokal, sekitar 79° di atas cakrawala Utara, lalu akan hilang dalam cahaya fajar sekitar pukul 05:38 waktu lokal, sekitar 49° di atas ufuk Barat daerah Anda.

Apakah akan ada dampak negatif bagi Bumi dan seluruh kehidupannya? Tentu tidak. Bulan dan Jupiter yang terlihat dekat ini hanya merupakan perspektif kita di permukaan Bumi. Pada kenyataannya, jarak keduanya amat sangat luar biasa jauh di Tata Surya. Dari Bumi, Bulan berjarak sekitar 380.000 km, sementara Jupiter berjarak sekitar 670 juta km.

Jangan berharap juga Anda akan melihat Jupiter yang nampak besar di langit malam ini. Karena jaraknya yang begitu jauh, planet termasif di Tata Surya kita ini hanya akan nampak bagai obyek putih kekuningan di sebelah Bulan persis seperti pada gambar peta langit di atas.

Pada konjungsi, Bulan akan bersinar di magnitudo -12,4, dan Jupiter di magnitudo -2,4. Keduanya akan berkedudukan di rasi bintang Leo. Bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia selama langit cerah. Sayangnya, pasangan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop.

Selamat mengamati!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.