Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus Akan Muncul Berbarengan Hingga Februari 2016!

Letak lima planet Tata Surya yang akan terlihat berbarengan mulai 21 Januari 2016. Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy - Kapan ada lima planet terang Tata Surya terlihat di langit sekaligus? Inilah waktunya! Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus bakal bisa dilihat secara bersamaan sebelum fajar mulai sekitar tanggal 21 Januari hingga 21 Februari 2016.

Terakhir kali kelima planet ini terlihat muncul secara bersama-sama di langit adalah dari sekitar tanggal 15 Desember 2004 hingga 15 Januari 2005. Dan itu 10 tahun yang lalu.

Kenapa planet-planet ini bisa terlihat?
Jawabannya sangat sederhana, planet-planet ini terlihat karena cahayanya yang terang. Tentu mereka tidak memancarkan cahaya sendiri, alias memantulkan cahaya Matahari yang diterimanya ke mata kita. Kelima planet di Tata Surya kita ini sangat mudah dilihat tanpa bantuan teleskop dan juga telah ditonton oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu.

Namun jangan berharap Anda akan melihat lima planet ini dengan kenampakan yang besar di langit. Karena jarak mereka yang sangaaaaaaaaat jauh dari Bumi, mereka hanya akan terlihat bagai titik bercahaya, persis seperti bintang. Lalu bagaimana membedakannya dengan bintang sungguhan? Lihatlah cahayanya, cahaya planet jauh lebih terang dan tidak berkelap-kelip.

Tentu saja, Anda dapat melihat kelima planet Tata Surya ini, bangunlah lebih pagi sebelum fajar. Jupiter akan terbit pertama, sekitar sebelum tengah malam, diikuti oleh Mars setelah tengah malam dan kemudian Saturnus, Venus dan Merkurius. Anda dapat mengunduh aplikasi peta langit untuk gawai Anda yang akan membantu Anda menemukan letak masing-masing planet pada tanggal-tanggal tertentu.

Gambar di atas merupakan letak lima planet Tata Surya pada 25 Januari 2016, ketika Merkurius sudah agak lebih tinggi dari cakrawala.

Kapan peristiwa seperti ini terjadi lagi?
Tidak harus menunggu terlalu lama, peristiwa lima planet yang muncul berbarengan seperti ini akan terjadi lagi di langit malam dari sekitar tanggal 13 hingga 19 Agustus 2016. Namun, Merkurius dan Venus akan berkedudukan terlalu rendah di Barat pada sore hari sehingga akan sukar diamati.

Apa dampak negatifnya bagi Bumi?
Tidak, gravitasi Bumi tidak akan melemah akibat peristiwa langit semacam ini. Bumi akan baik-baik saja. Keselarasan ini hanya merupakan perspektif kita yang mengamatinya di Bumi, faktanya planet-planet ini tidak dalam satu garis lurus di bidang Tata Surya.

Letak Tata Surya pada 20 Januari 2016. Kredit: Heavens-Above. Klik gambar untuk memperbesar.
Letak antarplanet Tata Surya yang berjauhan juga tidak berpengaruh terlalu signifikan terhadap Bumi, apa lagi bisa melemahkan gravitasi. Itu semua tidak benar. Kenampakan lima planet di langit secara berbarengan ini tidak akan menimbulkan dampak negatif apapun, justru ini kesempatan kita untuk melihat planet-planet tetangga.
Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus Akan Muncul Berbarengan Hingga Februari 2016! Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus Akan Muncul Berbarengan Hingga Februari 2016! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/20/2016 10:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.