Lima Planet Tata Surya Bakal Terlihat di Langit Sepanjang Januari 2016

Konjungsi Planet-planet Tata Surya. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Anda beruntung jika Anda sering bangun lebih pagi. Lima planet Tata Surya yang terang di langit Bumi semuanya akan nampak di langit dini hari sepanjang Januari 2016. Namun, Planet Merkurius baru terlihat saat dini hari mulai sekitar tanggal 20 Januari. Ini adalah penampilan lima planet Tata Surya berbarengan sejak Januari 2005!

Di mana letak lima planet Tata Surya ini? Berikut uraian menariknya.

Merkurius bergerak dari petang ke langit pagi. Merkurius akan terlihat lebih terang pada Januari 2016 ini, sebab Merkurius mencapai perihelion--titik terdekat dengan Matahari--pada 8 Januari 2016. Merkurius akan bergerak di antara orbit Bumi dan Matahari pada 14 Januari, untuk transisi ke langit pagi. Planet ini akan mulai terlihat di langit timur sebelum Matahari terbit mulai sekitar tanggal 20 Januari.

Setelah Merkurius masuk ke dalam langit pagi, ia akan bergabung dengan empat planet pagi lainnya, yakni Jupiter, Mars, Venus dan Saturnus. Kelimanya akan terlihat bersama-sama di langit untuk pertama kali sejak tahun 2005.

Sayangnya, kedudukan Merkurius di langit akan sangat rendah. 70 menit sebelum Matahari terbit mulai tanggal 25 Januari, Merkurius bahkan tidak lebih dari 10 derajat di langit. Ditambah kenampakannya bagai bintang yang mungil, mungkin Anda butuh bantuan teleskop untuk menemukan planet paling dekat Matahari ini.

Venus, obyek langit paling terang di Timur sebelum Matahari terbit. Tidak peduli di mana Anda berada di Bumi, inilah pengamatan obyek langit yang sangat menyenangkan untuk sepanjang Januari ini: Venus sebelum fajar! Venus adalah planet paling terang dan obyek ketiga paling terang kenampakannya di langit setelah Matahari dan Bulan.

Jika Anda melangkah ke luar pukul 4 dinihari atau 1 jam sebelum Matahari terbit, Anda akan melihat titik bagai bintang yang sangat terang di langit Timur, ialah Venus. Anda pasti akan melihat Venus bersinar paling terang daripada obyek-obyek lain saat itu.

Manfaatkan letak Venus yang memesona ini untuk menemukan planet Saturnus yang lebih redup, sebab dua planet ini akan cukup dekat di langit untuk paruh pertama Januari 2016. Bahkan, Venus dan Saturnus akan melakukan super-konjungsi pada 9 Januari 2016. Pada saat itu, keduanya hanya terpisah 0,3 derajat di langit!

Mars muncul di antara Venus dan Jupiter. Mars memang tidak seterang Venus atau Jupiter kenampakannya. Meski begitu, Mars cukup mudah terlihat di langit dini hari. Mars akan berada di antara Venus, planet paling terang, dan Jupiter, planet paling terang kedua, sepanjang Januari 2016.

Meskipun Mars akan cukup dekat dengan Spica, bintang paling terang di rasi bintang Virgo, Anda dapat membedakan mana Mars dan mana Spica dengan mengidentifikasi warnanya. Mars akan muncul agak kemerahan sedangkan Spica berkilau putih kebiruan. Jika mengalami kesulitan membedakan warna dengan mata sendiri, cobalah menggunakan bantuan aplikasi peta langit untuk mengetahui letaknya, atau amati langsung dengan teleskop.

Menariknya, kenampakan Mars akan semakin terang dari bulan ke bulan, hingga akhirnya Planet Merah memuncak kecerlangannya pada bulan Mei 2016. Percaya atau tidak, Mars akan seterang kenampakan brilian dari Jupiter saat ini!

Jupiter, terbit saat tengah malam. Jupiter adalah planet pertama yang muncul di langit, planet termasif di Tata Surya ini akan terbit di Timur sebelum tengah malam waktu setempat pada awal-awal Januari. Pada akhir Januari, Jupiter akan terbit sekitar pertengahan malam (kira-kira pukul 21:00 waktu setempat).

Walaupun Jupiter merupakan planet terbesar, di langit Bumi ia hanya akan nampak bagai titik terang kekuningan. Jika Anda memiliki teropong atau teleskop, Anda akan cukup mudah untuk melihat Jupiter bersama empat satelit alami terbesar yang dimilikinya, yang terlihat seperti titik-titik cahaya di dekat Jupiter. Mereka sering disebut satelit Galilean untuk menghormati Galileo, yang menemukan ini keempat satelit Jovian ini pada tahun 1610. Mereka adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Saturnus, dekat Venus, terlihat sebelum fajar. Saturnus akan mulai terbit sekitar dua jam sebelum Matahari terbit. Pada akhir Januari nanti, Saturnus bakal terbit hampir empat jam sebelum Matahari terbit. Jangan berharap Anda akan melihat cincin Saturnus yang megah, Saturnus hanya akan muncul bagai titik terang putih kekuning-kuningan.

Gunakan Venus untuk menemukan Saturnus. Selama minggu pertama Januari, Saturnus akan berkedudukan di atas Venus. Untuk membedakan, tentu saja Venus akan jauh lebih terang dari kenampakan Saturnus. Mengapa Venus lebih terang? Venus merefleksikan cahaya Matahari lebih banyak dan jaraknya lebih dekat dibanding jarak Bumi-Saturnus.

Saturnus, juga merupakan planet terjauh di Tata Surya yang dapat dengan mudah melihat dengan mata telanjang, Uranus dan Neptunus terlalu jauh dan terlalu redup.

Mengapa kita bisa melihat planet-planet ini? Kita memiliki Matahari, dan seluruh planet-planet ini mengelilingi Matahari. Sama seperti Bulan, planet-planet tidak menghasilkan cahaya sendiri, melainkan mereka memantulkan cahaya yang mereka terima dari Matahari ke mata kita. Itulah sebabnya kita bisa melihat Bulan dan planet-planet ini di langit.

Oh iya, pastikan langit cerah saat pengamatan, kelima planet ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Usahakan juga Anda mengamati di lokasi yang langit Timurnya bebas bangunan tinggi ataupun gunung. Kenampakan lima planet Tata Surya ini tidak membawa dampak negatif secuilpun bagi Bumi.

Selamat berburu planet!