Kehidupan Luar Bumi Mungkin Muncul di Planet yang Mengorbit Lubang Hitam

Ketika Anda memikirkan sebuah Lubang Hitam, Anda mungkin tidak berpikir bahwa mereka sangat ramah untuk kehidupan. Dengan cakrawala peristiwa yang mampu menarik apapun di dekatnya, bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri, Lubang Hitam tampak sangat tidak laik huni. Namun, penelitan terbaru di New Scientist menyatakan lain.
Planet Miller dan Gargantua pada film "Interstellar". Kredit: Warner Bros
Info Astronomy - Ketika Anda memikirkan sebuah Lubang Hitam, Anda mungkin tidak berpikir bahwa mereka sangat ramah untuk kehidupan. Dengan cakrawala peristiwa yang mampu menarik apapun di dekatnya, bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri, Lubang Hitam tampak sangat tidak laik huni. Namun, penelitan terbaru di New Scientist menyatakan lain.

Sekelompok ilmuwan telah mengklaim bahwa Lubang Hitam tertentu mungkin memiliki kondisi yang nyaman bagi sebuah planet yang mengorbitnya untuk mampu mendukung kehidupan. Tapi sejauh ini, tidak (atau belum) ada penemuan planet yang mengorbit Lubang Hitam. Walau begitu, teori ini tetap menarik.

Seperti dilansir New Scientist, sebuah makalah pra-cetak yang tersedia di arXiv, menjelaskan bagaimana kehidupan memerlukan "perbedaan suhu" untuk berkembang. Di Bumi, kita mendapatkan suhu yang cocok ini dari Matahari dan ruang vakum yang dingin. Jika hal ini terbalik--ruang vakum yang panas dan bintang induk yang dingin--perbedaan suhu ini juga dapat memunculkan kehidupan.