Menyambut Gerhana Matahari 2016: Bagaimana Totalitas di Sulawesi dan Maluku?

Jalur Gerhana Total di Sulawesi dan Maluku. Kredit: NASA, Info Astronomy
Info Astronomy - Indonesia bakal menjadi satu-satunya negara yang dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Tiga pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku akan dilintasi jalur gerhana total. Jika beberapa hari yang lalu kami mengulas totalitas di Pulau SumatraKalimantan, dan Jawa, maka kali ini giliran totalitas di Sulawesi dan Maluku.

Dalam artikel ini kami tampilkan hasil simulasi Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian di beberapa kota atau daerah besar di Pulau Sulawesi dan Maluku, Indonesia. Selain reka gerhana, pada galeri bisa dilihat waktu terjadinya gerhana di berbagai kota besar di Indonesia.

Palu, Sulawesi
Gerhana di Palu. Kredit: Astronomical Data Portal
Palu sangat beruntung untuk Gerhana Matahari 9 Maret 2016 ini, sebab di Palu akan kebagian Gerhana Matahari Total 100%. Gerhana Total di Palu dimulai dengan gerhana sebagian pukul 07:27 WITA, kontak awal gerhana total dimulai pukul 08:37 WITA, puncak gerhana total pukul 08:38 WITA, gerhana total berakhir pukul 08:39 WITA, dan Bulan "lepas" dari piringan Matahari pukul 10:00 WITA.

Makassar, Sulawesi
Gerhana di Ujung Pandang. Kredit: Astronomical Data Portal
Di Makassar, Sulawesi, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian sekitar 88%. Gerhana Matahari Sebagian ini dimulai pada pukul 07:25 WITA, puncak gerhana pukul 08:34 WITA dan gerhana berakhir pukul 09:54 WITA.

Manado, Sulawesi
Gerhana di Manado. Kredit: Astronomical Data Portal
Di Manado, Sulawesi, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian sekitar 96%. Gerhana Matahari Sebagian ini dimulai pada pukul 07:34 WITA, puncak gerhana pukul 08:49 WITA dan gerhana berakhir pukul 10:15 WITA.

Ternate, Maluku
Gerhana di Ternate. Kredit: Astronomical Data Portal
Sama seperti Palu, Ternate sangat beruntung untuk Gerhana Matahari 9 Maret 2016 ini, sebab di Ternate juga akan kebagian Gerhana Matahari Total 100%. Gerhana Total di Palu dimulai dengan gerhana sebagian pukul 07:35 WITA, kontak awal gerhana total dimulai pukul 08:51 WITA, puncak gerhana total pukul 08:52 WITA, gerhana total berakhir pukul 08:54 WITA, dan Bulan "lepas" dari piringan Matahari pukul 10:20 WITA.

Ambon, Maluku
Gerhana di Ambon. Kredit: Astronomical Data Portal
Di Ambon, Maluku, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian sekitar 86%. Gerhana Matahari Sebagian ini dimulai pada pukul 07:33 WITA, puncak gerhana pukul 08:39 WITA dan gerhana berakhir pukul 10:16 WITA.

Sementara itu, daerah-daerah lain di Sulawesi dan Maluku yang tidak disebutkan dalam artikel ini bisa menyesuaikan saja dengan daerah terdekat. Misal bila Anda tinggal di Parepare yang dekat dengan Makassar, maka sesuaikan saja dengan Makassar. Atau bila Anda tinggal di Halmahera yang dekat dengan Ternate, maka sesuaikan saja dengan Ternate.

Pulau lain seperti Bali, Nusa dan Papua akan bersambung pada artikel selanjutnya. Ikuti @infoAstronomy di Twitter untuk info update-nya. Selamat menyambut Gerhana Matahari!
Menyambut Gerhana Matahari 2016: Bagaimana Totalitas di Sulawesi dan Maluku? Menyambut Gerhana Matahari 2016: Bagaimana Totalitas di Sulawesi dan Maluku? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/14/2016 10:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.