Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Menyambut Gerhana Matahari 2016: Bagaimana Totalitas di Pulau Jawa?

Indonesia bakal menjadi satu-satunya negara yang dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Tiga pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi akan dilintasi jalur gerhana total. Jika beberapa hari yang lalu kami mengulas totalitas di Pulau Sumatra dan Kalimantan kali ini giliran totalitas di Pulau Jawa. Sayangnya, seluruh Jawa hanya kebagian Gerhana Matahari Sebagian.
Jalur gerhana total tidak lintasi Jawa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Indonesia bakal menjadi satu-satunya negara yang dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Tiga pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi akan dilintasi jalur gerhana total. Jika beberapa hari yang lalu kami mengulas totalitas di Pulau Sumatra dan Kalimantan kali ini giliran totalitas di Pulau Jawa. Sayangnya, seluruh Jawa hanya kebagian Gerhana Matahari Sebagian.

Dalam artikel ini kami tampilkan hasil simulasi Gerhana Matahari Sebagian di beberapa kota atau daerah besar di Pulau Jawa, Indonesia. Selain reka gerhana, pada galeri bisa dilihat waktu terjadinya gerhana di berbagai kota besar di Indonesia.

DKI Jakarta & Sekitarnya
Gerhana di Jakarta. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Jakarta & Sekitarnya, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:19 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:21 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:31 WIB. Jakarta & Sekitarnya akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 89%.

Bandung & Sekitarnya
Gerhana di Bandung. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Bandung & Sekitarnya, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:19 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:21 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:31 WIB. Bandung & Sekitarnya akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 85%.

Surakarta & Sekitarnya
Gerhana di Surakarta. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Surakarta & Sekitarnya, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:20 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:24 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:36 WIB. Surakarta & Sekitarnya akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 82%.

Daerah Istimewa Yogyakarta
Gerhana di Yogyakarta. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:20 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:23 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:35 WIB. DIY akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 81%.

Malang & Sekitarnya
Gerhana di Malang. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Malang & Sekitarnya, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:21 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:25 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:38 WIB. Malang & Sekitarnya akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 80%.

Semarang & Sekitarnya
Gerhana di Semarang. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Semarang & Sekitarnya, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:20 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:23 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:36 WIB. Semarang & Sekitarnya akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 85%.

Surabaya & Sekitarnya
Gerhana di Surabaya. Kredit: The Astronomical Data Portal
Dari Surabaya & Sekitarnya, Anda akan melihat Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 mulai pukul 06:21 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 07:25 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:39 WIB. Surabaya & Sekitarnya akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian sekitar 83%.

Sementara itu, daerah-daerah lain di Pulau Jawa yang tidak disebutkan dalam artikel ini bisa menyesuaikan saja dengan daerah terdekat. Misal bila Anda tinggal di Banten yang dekat dengan Jakarta, maka sesuaikan saja dengan Jakarta. Atau bila Anda tinggal di Madura yang dekat dengan Surabaya, maka sesuaikan saja dengan Surabaya.

Pulau lain seperti Sulawesi, Maluku, Bali, Nusa dan Papua akan bersambung pada artikel selanjutnya. Ikuti @infoAstronomy di Twitter untuk info update-nya. Selamat menyambut Gerhana Matahari!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.