Curiosity Kirim Citra Pertama dari Bukit Pasir di Planet Mars

Bukit pasir Namib di Planet Mars, dipotret oleh Curiosity pada 18 Desember 2015. Kredit: NASA, JPL-Caltech
Info Astronomy - Robot penjejalah Curiosity milik NASA sedang melakukan studi pertama pada gundukan pasir atau bukit di planet lain selain Bumi. Baru-baru ini, Curiosity terlah mengirimkan data transmisi citra panorama bukit pasir bernama Namib di Mars, memberikan sekilas nuansa lanskap baru di Planet Merah.

Bukit pasir Namib memiliki ketinggian sekitar 4 meter, bukit pasir ini terletak dalam sebuah lokasi di dekat bukit pasir gelap yang dikenal sebagai bukit pasir Bagnold. Curiosity mencapai lereng bukit ini pada tahun 2014, dan saat ini ia sedang dalam proses pendakian dalam rangka untuk memeriksa bagaimana medan bukit berubah dengan ketinggiannya.

Saat ini, robot penjelajah seukuran mobil ini juga sedang melakukan studi bagaimana angin bergerak dan memengaruhi pasir di Mars, di mana suasana jauh lebih dingin dibandingkan dengan Bumi. Seperti dapat dilihat pada citra di bawah ini yang dipotret oleh Curiosity, bukit pasir Mars memiliki banyak kesamaan dengan bukit pasir di Bumi.

Bukit Nanib versi zoom-in. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Bukit pasir Namib merupakan bukit pasir yang aktif, bukit pasir ini mampu bermigrasi pada laju sekitar 1 meter per tahun Bumi jika tertiup angin di Mars. Citra-citra dari Curiosity ini menunjukkan wajah dari bukit pasir Namib yang membelakangi arah angin, dan diambil dari jarak 7 meter, dengan menggunakan kamera yang berada di tiang utama Curisity.

Curiosity menangkap citra panorama ini pada tanggal 18 Desember 2015, atau pada hari Mars ke-1197 yang juga dikenal sebagai Sol. Satu hari di Mars sedikit lebih lama dari satu hari di Bumi, kira-kira satu Sol berlangsung selama 24 jam, 39 menit dan 35 detik.
Curiosity Kirim Citra Pertama dari Bukit Pasir di Planet Mars Curiosity Kirim Citra Pertama dari Bukit Pasir di Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/06/2016 05:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.