Bulan Purnama Pertama di 2016 Muncul Hari Minggu Ini

Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Bulan, satu-satunya satelit alami milik Planet Bumi, akan mencapai fase Purnama atau Full Moon, sehingga akan terlihat sepanjang malam karena berkedudukan hampir tepat di seberang Matahari di langit, pada tanggal 24 Januari 2016 pukul 08:47 WIB.

Bulan Purnama secara tradisional diberi nama sesuai dengan musim di mana mereka muncul, dan Bulan Purnama kali ini akan menjadi Bulan Purnama kedua musim dingin 2016, dengan begitu secara tradisional disebut Wolf Moon.

Pada saat saat Bulan mencapai fase Full Moon, ia akan terletak pada deklinasi +15°38' di konstelasi Cancer, maka akan muncul tertinggi di belahan Bumi Utara. Bulan Purnama ini akan terlihat di seluruh wilayah yang berada di garis lintang selatan 64°, termasuk terlihat di seluruh Indonesia. Jaraknya dari Bumi akan sekitar 387.000 kilometer.

Walaupun fase Full Moon terjadi pada pagi hari, namun Bulan Purnama baru akan terlihat ketika Matahari terbenam di sore harinya. Ketika Matahari terbenam di ufuk Barat, Bulan Purnama muncul dari ufuk Timur, ia akan terlihat hingga keesokan hari, 25 Januari 2016.

Mengapa Bulan Purnama terjadi pada menjelang akhir bulan (kalender) seperti ini? Bukankah seharusnya setiap tanggal 15? Betul, Bulan Purnama memang muncul setiap tanggal 15, namun bukan dalam kalender masehi, melainkan kalender hijriyah. 24 Januari 2016 bertepatan dengan tanggal 15 Rabiul Akhir 1437 H.

Peristiwa Bulan Purnama ini tidak akan menyebabkan dampak negatif bagi Bumi, apa lagi sampai membuat gravitasi Bumi melemah, itu tidak benar. Bulan Purnama merupakan peristiwa astronomis biasa yang terjadi setiap bulan.

Selamat berburu Bulan Purnama pertama di tahun 2016!
Bulan Purnama Pertama di 2016 Muncul Hari Minggu Ini Bulan Purnama Pertama di 2016 Muncul Hari Minggu Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/21/2016 02:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.