Saran pencarian

Bulan dan Mars Bakal "Kopi Darat" di Langit Senin Dinihari

Sebelum memulai hari pada Senin, 4 Januari 2016, langit Timur akan dihiasi oleh Bulan Sabit yang berdekatan dengan Planet Mars. Peristiwa langit ini di sebut konjungsi, Bulan dan Planet Merah akan berdekatan 1°25' satu sama lain saat itu.
Letak Bulan dan Mars pada dinihari tanggal 4 Januari 2016. Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Sebelum memulai hari pada Senin, 4 Januari 2016, langit Timur akan dihiasi oleh Bulan Sabit yang berdekatan dengan Planet Mars. Peristiwa langit ini disebut konjungsi, Bulan dan Planet Merah akan berdekatan 1°25' satu sama lain saat itu.

Dari Indonesia, konjungsi Bulan dengan Mars ini akan terlihat di langit sebelum fajar menyingsing. Mereka akan terbit di ufuk Timur pada pukul 00:47 waktu lokal daerah Anda, atau 4 jam 54 menit sebelum Matahari terbit. Lalu mereka akan mencapai ketinggian 67° di atas ufuk Timur sebelum memudar di cahaya fajar sekitar pukul 05:26 waktu lokal.

Waktu terbaik untuk mengamati konjungsi ini adalah mulai pukul 2 dinihari waktu lokal, ketika Bulan dan Mars sudah setinggi 15° di langit Timur. Pada saat konjungsi, Bulan akan bersinar terang dengan magnitudo -11,5, dan Mars dengan magnitudo +0,8. Keduanya akan berada di rasi bintang Virgo.

Kabar baiknya, konjungsi Bulan dengan Planet Mars ini bisa diamati di seluruh Indonesia. Tinggal pastikan langit cerah, tidak berawan apa lagi hujan. Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang, namun nantinya Mars hanya akan nampak bagai titik merah terang di dekat Bulan Sabit seperti pada peta langit di atas.

Pasangan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop jika Anda mengamatinya lewat teleskop. Tapi mengamati Bulan dan Planet Mars yang bersebelahan dengan teleskop adalah kegiatan yang mengasyikan.

Konjungsi Bulan dengan Mars ini juga bertepatan dengan puncak hujan meteor Quadrantid, simak informasi terkait hujan meteor Quadrantid di sini.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.