Astronom Amatir Australia Temukan Galaksi Baru di Langit

NGC 253. Kredit: Michael Sidonio
Info Astronomy - Seorang astronom amatir telah menemukan sebuah galaksi yang sebelumnya tidak diketahui menggunakan teleskop dan kamera di halaman belakang rumahnya di Canberra, Austalia. Galaksi yang juga telah dikonfirmasi keberadaannya menggunakan Subaru Telescope ini menambahkan dukungan baru untuk model yang paling populer dari pembentukan galaksi.

Astronomi terkenal sebagai bidang keilmuan di mana astronom amatir--seseorang yang menjadikan astronomi sebagai hobi, bukan pekerjaan tetap--boleh melakukan pekerjaan yang secara signifikan menambah pengetahuan ilmiah. Sebagian besar kontribusi para astronom amatir ini seperti penemuan komet, asteroid, supernova hingga sebuah galaksi.

Ia adalah Michael Sidonio, seorang astronom amatir asal Austalia, yang mengambil foto galaksi terkenal bernama NGC 253. Sidonio yang meneliti foto yang ia ambil tersebut menemukan sesuatu di dekat NGC 253 yang belum pernah dilihat sebelumnya. Sidonio, adalah manajer keamanan di Australian Capital Territory's Legislative Assembly, ia menggunakan teleskop berdiameter 12 inci untuk menemukan galaksi baru tersebut.

NGC 253 telah difoto berkali-kali oleh para astronom profesional--seseorang yang menjadikan astronomi sebagai pekerjaannya, tapi Sidonio mengatakan bahwa ia mengambil gambar sudut yang lebih luas daripada yang biasanya astronom profesional lakukan, ia mengambil keuntungan dari focal length yang sangat pendek pada teleskop miliknya.

NGC 253 ditemukan oleh Caroline Herschel pada tahun 1783, dan sangat populer di kalangan para astronom belahan Bumi Selatan. Galaksi spiral yang berjarak 11,5 juta tahun cahaya itu adalah salah satu galaksi dekat Bima Sakti yang cukup besar, dan sedang menjalani pembentukan bintang yang sangat intens di dalamnya.

NGC 253-DW2 berada dalam lingkaran kuning. Kredit: Michael Sidonio
Setelah keberadaan galaksi baru yang ditemukan Sidonio ini dikonfirmasi menggunakan teleskop raksasa di Chili, sebuah teleskop berdiameter 8,2 meter bernama Subaru Telescope, galaksi ini diberi nama NGC 253-DW2. Galaksi ini terdeteksi memiliki bintang-bintang tua dan menunjukkan tanda-tanda gangguan oleh tetangganya yang merupakan galaksi yang lebih besar.

Ribuan galaksi telah ditemukan setiap tahun, tetapi galaksi-galaksi kecil di alam semesta lokal sangat jarang ditemukan. Dengan memelajari cara NGC 253-DW2 sedang dihancurkan oleh tetangganya yang lebih besar, kita bisa memelajari bagaimana proses pembentukan galaksi untuk ilmu pengetahuan yang lebih maju.
Astronom Amatir Australia Temukan Galaksi Baru di Langit Astronom Amatir Australia Temukan Galaksi Baru di Langit Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/01/2016 01:31:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.