Apa yang Membuat Alam Semesta Mengembang?

Alam semesta. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Edwin Hubble, adalah seorang astronom terkenal yang memberikan bukti definitif bahwa alam semesta mengembang. Mengamati galaksi jauh, ia menemukan bahwa mereka saling menjauh satu sama lain, ia bahkan mampu untuk menghitung untuk menunjukkan betapa cepat mereka bergerak menjauh. Tapi, apa yang membuat semesta ini mengembang?

Jadi sampai sekitar 15 tahun yang lalu, satu-satunya jawaban apa yang membuat alam semesta mengembang adalah momentum. Alam semesta menerima semua energi yang dibutuhkan untuk ekspansi beberapa saat setelah Big Bang berlangsung 13,7 miliar tahun yang lalu.

Bayangkan awal terciptanya alam semesta, menyeruak keluar dari sebuah titik kecil sehingga seluruh materinya terpental-pental ke segala arah, itulah momentumnya. Untuk waktu yang cukup lama, para astronom berusaha untuk mencari tahu apa momentum ini akan berarti bagi masa depan alam semesta.

Akankah gravitasi semua benda di alam semesta menyebabkan ekspansi alam semesta semakin lambat atau bahkan berhenti di beberapa titik di masa depan, atau mungkin bahkan alam semesta akan runtuh ke dalam dirinya sendiri, yang mengarah ke Big Crunch?

Pada tahun 1999, para astronom menemukan sesuatu yang sama sekali tak terduga ... energi gelap. Para astronom melakukan pengamatan energi gelap ini untuk mencari tahu persis bagaimana alam semesta di masa depan, mereka menemukan bahwa ternyata ekspansi alam semesta benar-benar semakin cepat. Seperti roket yang melesat cepat, lalu menyalakan booster-nya sehingga semakin cepat.

Sekarang kita mengetahui bahwa alam semesta tidak hanya akan mengembang selamanya, tetapi kecepatan ekspansi alam semesta akan terus lebih cepat dan lebih cepat dari hari ini. Jadi apa yang menyebabkan ekspansi ini? Saat ini, para astronom percaya bahwa momentum yang tersisa dari Big Bang yang menyebabkannya, dan kekuatan energi gelap akan mempercepat ekspansi ini. Selamanya.
Apa yang Membuat Alam Semesta Mengembang? Apa yang Membuat Alam Semesta Mengembang? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/01/2016 04:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.