Tiga Kru Berhasil Pulang ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional

Tiga astronot yang akan pulang ke Bumi pada 11 Desember 2015. Dari kiri ke kanan: Kjell Lindgren (AS), Oleg Kononenko (Rusia), Kimiya Yui (Jepang). Kredit: NASA
Info Astronomy - Tiga kru International Space Station (ISS) baru saja berhasil kembali ke Bumi setelah menjalani misi selama 141 hari di luar angkasa. Mereka adalah kru Ekspedisi 45 yakni Kjell Lindgren dari NASA, Oleg Kononenko dari Roscosmos (Rusia) dan Kimiya Yui dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Ketiga kru ini telah terjun langsung ke Bumi setelah undock dari ISS pukul 16:49 WIB, 11 Desember 2015 dengan menumpangi kapsul antariksa Soyuz. Mereka telah berhasil mendarat di daerah Dzhezkazgan, Kazakhstan sekitar pukul 20:12 WIB.



Sementara itu, komandan Ekspedisi 46 Scott Kelly dari NASA, bersama dengan rekan kosmonotnya Mikhail Kornienko dan Sergey Volkov dari Roscosmos, akan mengoperasikan ISS di ketinggian 360 kilometer di atas permukaan Bumi tersebut selama empat hari ke depan sampai kedatangan tiga anggota kru baru.

Tiga kru baru tersebut adalah astronot Tim Kopra dari NASA, kosmonot Rusia Yuri Malenchenko dan Tim Peake yang merupakan astronot Britania Raya pertama dari ESA (European Space Agency). Ketiganya dijadwalkan untuk meluncur dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, pada 14 Desember 2015 dan tiba di ISS sekitar 6 jam kemudian.

Sekadar informasi, astronot Scott Kelly dan Mikhail Kornienko merupakan kru ISS pertama dalam misi bersama AS-Rusia yang menjalani misi satu tahun penuh di ISS. Sebuah batu loncatan penting dalam perjalanan NASA ke Mars.
Tiga Kru Berhasil Pulang ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional Tiga Kru Berhasil Pulang ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/11/2015 12:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.