HOAX ALERT: Tidak, Gravitasi Bumi Tidak Akan Melemah pada 2 Januari 2016

Belakangan ini sedang hangat beredar kabar yang mengatakan kalau gravitasi Bumi akan melemah pada 2 Januari 2016 sehingga membuat kita bisa mengambang. Apakah benar? Sayangnya tidak. Ini adalah kabar bohong atau hoax yang awalnya adalah guyonan April Fool's Day tahun 1976, oleh astronom Inggris bernama Patrick Moore yang telah wafat.
Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Belakangan ini sedang hangat beredar kabar yang mengatakan kalau gravitasi Bumi akan melemah pada 2 Januari 2016 sehingga membuat kita bisa mengambang. Apakah benar? Sayangnya tidak. Ini adalah kabar bohong atau hoax yang awalnya adalah guyonan April Fool's Day tahun 1976, oleh astronom Inggris bernama Patrick Moore yang telah wafat.

Dalam sebuah wawancara di BBC Radio 2, pada pagi hari tanggal 1 April 1976, mendiang Patrick Moore mengumumkan bahwa acara astronomi yang luar biasa saat itu akan terjadi. Tepat pukul 09:47 waktu setempat, planet Pluto (ya, saat itu masih Pluto masih dianggap planet) akan lewat tepat di belakang Jupiter, dalam kaitannya dengan Bumi.

Keselarasan langka yang dinyatakan Moore ini akan berarti bahwa gaya gravitasi gabungan dari dua planet akan mengerahkan tarik pasang surut yang kuat, membuat gravitasi Bumi melemah sehingga berat badan seseorang akan berkurang. Moore menyebut ini sebagai Efek Jupiter (Jupiter Effect).

Moore mengatakan kepada pendengar bahwa mereka bisa mengalami fenomena tersebut dengan melompat di udara pada saat yang tepat keselarasan terjadi. Jika mereka melakukannya, ia berjanji, mereka akan mengalami sensasi mengambang yang aneh. Tepat pukul 09:47 saat itu, Moore menyatakan, "Lompat sekarang!" Semenit berlalu, kemudian switchboard BBC menyala dengan puluhan orang menelpon untuk melaporkan bahwa percobaan telah bekerja!

Seorang wanita Belanda dari Utrecht mengatakan bahwa dia dan suaminya telah melayang di sekitar ruangan bersama-sama. Penelpon lain mengklaim dia telah duduk di sekitar meja dengan sebelas teman-teman dan mereka semua, termasuk meja, mengambang tak karuan. Aneh?

Tapi tidak semua orang berhasil. Seorang penelepon marah dan mengeluh karena ia tidak bisa mengambang seperti yang dinyatakan Moore, ia bahkan meminta kompensasi uang tunai ketika itu. Usut punya usut, orang-orang yang menelpon untuk mengatakan dirinya berhasil mengambang adalah kru BBC sendiri, mereka diminta Moore untuk mengatakan kalau lelucon ini benar-benar nyata.

Pengumuman Moore adalah, tentu saja, lelucon Hari April Mop. Ini menjadi salah satu hoax paling terkenal dari akhir abad ke-20. Dan sayang sungguh sayang, hampir 40 tahun berlalu, di awal-awal abad ke-21 ini ternyata masih ada yang memercayai lelucon Moore. Mereka memercayai begitu saja dan mengatakan, "Wajib catat nih! Peristiwa seru!"

Sudah sangat jelas bahwa gravitasi Bumi tidak bisa terpengaruh oleh Pluto ataupun Jupiter. Menurut Newton, gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang memiliki massa di alam semesta. Gravitasi Matahari yang dihasilkan benda-benda langit dalam setiap orbit mengelilingi Matahari. Fisika modern menjelaskan gravitasi menggunakan Teori Einstein Relativitas Umum, tapi Hukum gravitasi universal Newton yang lebih mendekati sederhana cukup akurat dalam kebanyakan kasus.

Sebagai contoh, Bumi yang memiliki massa sangat besar dapat menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar pula untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di Bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda di luar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda langit lainnya, termasuk satelit buatan manusia.

Jadi, gravitasi timbul karena Bumi memiliki massa. Semua benda bermassa di alam semesta pasti memiliki gravitasi. Bahkan tubuh kita, pohon, mobil dan segala sesuatu di permukaan Bumi. Tapi kenapa tidak tarik menarik jika kita punya gaya gravitasi? Hal ini disebabkan massa kita sangat kecil sehingga gravitasi yang dihasilkan tubuh kita juga kecil sehingga kalah oleh gravitasi Bumi yang lebih kuat.

Hal ini kembali lagi kepada Anda, mau percaya atau tidak. Silakan coba melompat pada tanggal 2 Januari 2016 mendatang. Mungkin Anda nanti bisa melompat lebih tinggi dari pebasket profesional Stephen Curry dari tim basket Golden State Warriors!

Stephen Curry. Kredit: Getty Images, NBA, Golden State Warriors