Setelah Matahari Terbenam, Ayo Temukan Merkurius di Langit Barat!

Letak Merkurius sore ini, 30 Desember 2015 pukul 18:30 waktu lokal. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Senja ini, 30 Desember 2015 hingga senja-senja selanjutnya dalam beberapa pekan ke depan, kita berkesempatan menemukan Merkurius, planet terdalam di Tata Surya, di langit Barat. Kemarin (29/12), Merkurius mencapai titik elongasi timur tertingginya dari Matahari, hal ini membuat Merkurius terlihat di langit karena berkedudukan cukup jauh dari Matahari.

Carilah Merkurius di atas 10 derajat di langit Barat dan dekat titik Matahari terbenam di ufuk, mulai 50 sampai 60 menit setelah Matahari terbenam. Merkurius akan terlihat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak punya teleskop? Jangan khawatir! Merkurius dapat diamati dengan mata telanjang, asalkan langit cerah.

Namun jika diamati dengan mata telanjang, Merkurius hanya terlihat bagai titik kecil terang kekuningan yang cahayanya tidak berkelap-kelip. Jika Anda punya teleskop, Anda bisa melihat Merkurius dalam fase separuh yang sangat menakjubkan.

Oh iya, Merkurius tidak akan selamanya ada di langit Barat saat senja. Karena gerak edarnya mengelilingi Matahari, Merkurius nantinya akan muncul juga di langit Timur saat dinihari, bersama-sama dengan Venus, Mars dan Saturnus.
Setelah Matahari Terbenam, Ayo Temukan Merkurius di Langit Barat! Setelah Matahari Terbenam, Ayo Temukan Merkurius di Langit Barat! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/30/2015 11:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.