Seberapa Besar Lubang Hitam Bisa Terbentuk?

Ilustrasi. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Menurut penelitian di University of Leicester, Lubang Hitam yang terletak di pusat sebuah galaksi bisa membengkak hingga menjadi 50 miliar kali massa Matahari sebelum terganggu oleh cakram atau piringan gas yang mengelilingi mereka. Seberapa besar Lubang Hitam?

Dalam sebuah penelitian yang berjudul 'Bagaimana Lubang Hitam Bisa Tumbuh Raksasa?,' Profesor Andrew King dari Departemen Fisika dan Astronomi Universitas Leicester telah mengeksplorasi Lubang Hitam Supermasif di pusat galaksi Bima Sakti, sebuah daerah di mana gas antarbintang mengendap menjadi cakram karena aktivitas Lubang Hitam.

Gas ini dapat kehilangan energi dan jatuh ke dalam, terhisap Lubang Hitam. Serta cakram ini dikenal tidak stabil dan rawan runtuh menjadi bintang. Profesor King telah menghitung seberapa besar Lubang Hitam akan terbentuk sehingga dapat menjaga cakram gas dari keruntuhan, didapatlah angka 50 miliar kali massa Matahari.

Studi ini juga menunjukkan bahwa jika tanpa cakram gas, Lubang Hitam akan berhenti tumbuh, berarti 50 miliar kali massa Matahari akan menjadi batas di mana Lubang Hitam bisa tumbuh. Satu-satunya cara agar Lubang Hitam bisa memiliki massa lebih besar adalah jika ada sebuah bintang yang kebetulan terhisap Lubang Hitam sehingga massanya bergabung menjadi satu.

Profesor King mengatakan, "Arti penting dari penemuan ini adalah bahwa para astronom telah menemukan massa maksimum dari Lubang Hitam, dengan mengamati sejumlah besar radiasi yang dilepaskan oleh cakram gas, maka Lubang Hitam diperkirakan tidak akan lebih besar dari 50 miliar kali massa Matahari.

"Untuk massa Lubang Hitam yang lebih besar, pada prinsipnya mungkin saja ada. Misalnya, ada sebuah Lubang Hitam yang telah memiliki massa maksimum lalu bergabung dengan Lubang Hitam yang lain, dan itu akan membuat mereka sangat masif."
Seberapa Besar Lubang Hitam Bisa Terbentuk? Seberapa Besar Lubang Hitam Bisa Terbentuk? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/19/2015 06:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.