NASA Akan Uji Coba Tanam Kentang di Lingkungan Mirip Mars

Kentang adalah makanan yang baik untuk kesehatan. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Ketika nanti akhirnya manusia pertama berhasil mendarat di Planet Mars untuk hidup dan membentuk koloni, apa yang akan mereka makan? Para astronot pelopor ini berada sangat jauh dari persediaan makanan mereka di Bumi dan harus mulai menanam makanan mereka sendiri di permukaan Planet Merah. NASA memilih menanam kentang.

Dalam film "The Martian" yang terkenal karena unsur ilmiahnya yang akurat, karakter Mark Watney tak punya pilihan lain sebagai makanan pokoknya di Mars selain kentang karena persediaan makanan lainnya menipis bahkan habis. Dan tampaknya, kentang yang tumbuh di tanah Mars bukan sesuatu yang mustahil, karena NASA telah mengumumkan mereka telah bermitra dengan International Potato Center untuk hal tersebut.

Proyek ini terfokus pada penanaman bahan makanan untuk koloni di luar Bumi, yang juga akan memberikan data yang berharga bagaimana tanaman bisa tumbuh dalam kondisi yang keras dan ekstrim seperti kondisi di Planet Mars.

Selain itu, dengan perkiraan 842.000.000 total jumlah manusia di muka Bumi, ditambah perubahan iklim yang menjadi semakin parah, manusia harus mampu menemukan cara baru untuk meningkatkan hasil tanaman untuk makan sehari-hari, agar tidak dilanda kelaparan panjang karena iklim memaksa tanaman tak dapat tumbuh.

Percobaan NASA ini akan menggunakan tanah yang dianggap hampir identik dengan yang berada di Mars, berada di gurun Pampas de La Joya di selatan Peru. Para peneliti kemudian akan meniru atmosfer Mars di laboratorium, termasuk menambahkan 95,32 persen karbon dioksida dan 0,13 persen oksigen. Mengingat pentingnya karbon dioksida dalam fotosintesis, diperkirakan bisa meningkatkan tanaman kentang oleh antara dua sampai tiga kali hasil yang normal di Bumi.

Diharapkan jika percobaan ini berhasil, konsep pertanian luar Bumi nantinya akan mengarah pada tanaman kentang yang ditanam di sebuah kubah di Planet Merah pada saat manusia pertama mendarat di sana. Kentang memberikan nutrisi yang cukup bagi manusia yang terbatas untuk makanan ketika berada di planet lain atau dalam keadaan tak memiliki bahan makanan lain untuk dimakan.

Kentang adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C, zat besi, seng, dan zat gizi mikro penting lainnya. "Kami melakukan ini untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, dan tujuan kemanusiaan," tutur Melissa Guzman, seorang astrobiologis di NASA Ames.