Menemukan Nebula Orion di Langit Akhir dan Awal Tahun

Nebula Orion. Kredit: Kamran Janamian
Info Astronomy - Pernah melihat ada tiga bintang berjejer di langit malam? Bisa jadi yang Anda lihat merupakan bagian dari rasi bintang Orion. Jika Anda teliti, di sebelah Selatan dari tiga bintang yang berjejer tersebut ada sebuah Nebula Orion!

Orang jawa menyebutnya sebagai rasi bintang Waluku atau rasi bintang di mana pertanda musim bercocok tanam akan segera tiba. Dunia internasional khususnya astronomi, menyebut rasi Waluku dengan sebutan nama rasi bintang Orion atau konstelasi Orion.

Di kegelapan malam, rasi bintang Orion memiliki ciri yang sangat mencolok yaitu 3 bintang berjejer di tengahnya dan 2 bintang di kanan dan kirinya. Tidak hanya itu saja, jika kita amati tampak pula kabut tipis sayup-sayup disebelah kanan bintang 3 itu yang tidak lain adalah nebula atau awan antar bintang. Nebula adalah tempat di mana bintang-bintang dilahirkan atau dengan kata lain nebula adalah rahimnya para bintang. Nebula yang terdapat pada rasi orion ini disebut nebula orion dan memiliki kode Messier 42 atau M42.

Letak Nebula Orion di rasi bintang Orion. Kredit: CMGfoto.com
Pada akhir tahun hingga beberapa bulan ke depan di tahun 2016, rasi bintang Orion terlihat di awal malam hingga menjelang dinihari. Dengan begitu, kesempatan melihat Nebula Orion juga cukup besar. Salah satu penghalangnya hanya awan, jadi pastikan langit cerah ketika akan mengamatinya.

Sebagai aturan umum, semakin tinggi konstelasi Orion di langit, semakin mudah untuk melihat Nebula Orion. Rasi bintang ini akan berkedudukan tertinggi di langit sekitar tengah malam di pada Desember. Sementara itu, untuk mencari rasi bintang Orion pada Januari adalah mulai pukul 22:00 dan pada Februari pukul 20:00 waktu lokal daerah Anda.

Nebula adalah awan gas dan debu antarbintang yang lumayan sulit jika dilihat dengan mata telanjang saja. Lewat mata telanjang, Nebula Orion yang berjarak 1500 tahun cahaya dari Bumi ini mungkin hanya akan bagai bintang yang terbungkus debu merah samar di langit. Penggunakan teleskop sangat dianjurkan saat mengobservasi Nebula Orion.

Selamat berburu Nebula Orion!
Menemukan Nebula Orion di Langit Akhir dan Awal Tahun Menemukan Nebula Orion di Langit Akhir dan Awal Tahun Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/27/2015 12:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.