Komet Catalina di Dekat Bintang Paling Terang di Konstelasi Bootes, Arcturus

Ditemukan pada 31 Oktober 2013 oleh Catalina Sky Survey, komet C/2013 US10 (Catalina) merupakan komet dari Awan Oort pertama ke yang akan bergerak ke bagian dalam Tata Surya kita tahun ini. Meskipun Komet Catalina belum cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang, namun komet ini memiliki magnitudo +6 yang cukup mudah diamati lewat teleskop.
Letak Komet Catalina pada dinihari 31 Desember 2015
Info Astronomy - Ditemukan pada 31 Oktober 2013 oleh Catalina Sky Survey, komet C/2013 US10 (Catalina) merupakan komet dari Awan Oort pertama ke yang akan bergerak ke bagian dalam Tata Surya kita tahun ini. Meskipun Komet Catalina belum cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang, namun komet ini memiliki magnitudo +6 yang cukup mudah diamati lewat teleskop.

Komet Catalina telah mencapai perihelionnya--jarak terdekat dengan Matahari--pada November 2015 silam, dan saat ini Komet Catalina bergerak mendekati perigee--jarak terdekat dengan Bumi--pada dinihari Minggu 17 Januari 2016 di jarak 108.400.000 kilometer. Pada saat perigee, Komet Catalina akan terletak antara M101 dan bintang Alcor di konstelasi Ursa Major, dan akan menjadi kesempatan yang baik untuk mengamatinya.

Kedudukan Komet Catalina saat ini sedang menyeberangi perbatasan konstelasi Virgo menuju konstelasi Boötes pada malam Natal dan melewati 0,5 derajat dari bintang paling terang di konstelasi Boötes, Arcturus, pada dinihari 1 Januari 2016.

Letak Comet Catalina dari hari ke hari. Kredit: Astronomy Now Magazine
Jika Anda masih terjaga hingga dinihari setelah perayaan tahun baru, Anda mungkin bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mencari bintik hijau samar Komet Catalina menggunakan teleskop, hanya 0,5 derajat di arah Barat Daya dari bintang Arcturus.

Koordinat toposentrik J2000.0 dari Komet Catalina di bawah berikut berlaku untuk wilayah Indonesia. Dalam koordinat toposentrik ini ada sebuah perkiraan magnitudo, letak komet beserta waktu pengamatan yang disarankan.

Koordinat toposentrik Komet Catalina. Kredit: In-the-sky.org