HARI INI 1968: Astronot Apollo 8 Potret Bumi dari Bulan

Citra "Earthrise" dari Bulan dipotret oleh Apollo 8. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada tanggal ini 47 tahun lalu, tiga astronot NASA yakni Komandan Frank Borman dan awaknya William A. Anders dan James A. Lovell baru saja menjadi manusia pertama yang meninggalkan planet Bumi dan melakukan perjalanan ke Bulan. Di orbit rendah Bulan, mereka berhasil memotret Bumi yang dijuluki sebagai "Earthrise."

Apollo 8, merupakan misi antariksa berawak kedua pada Program Apollo Amerika Serikat. Misi ini diluncurkan pada 21 Desember 1968, dan menjadi misi antariksa berawak pertama yang meninggalkan orbit Bumi, mencapai orbit Bulan, dan kemudian kembali ke Bumi.

Apollo 8 membutuhkan waktu tiga hari untuk sampai ke orbit Bulan. Apollo 8 memutari Bulan sepuluh kali, selama 20 jam. Apollo 8 kembali ke Bumi pada 27 Desember 1968, dengan mendarat di Samudra Pasifik.

Beberapa tahun lalu, pada ulang tahun ke-45 dari foto "Earthrise" ini, Scientific Visualization Studio dari NASA merilis video di bawah ini. Ini adalah video visualisasi seperti apa astronot Apollo 8 memotret foto "Earthrise".

Silakan mainkan video di bawah ini: