Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Menyambut Gerhana Matahari 2016: Bagaimana Totalitas di Pulau Kalimantan?

Indonesia bakal menjadi satu-satunya negara yang dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Tiga pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi akan dilintasi jalur gerhana total. Jika beberapa hari yang lalu kami mengulas totalitas di Pulau Sumatra, kali ini giliran totalitas di Pulau Kalimantan.
Jalur Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Pulau Kalimantan. Kredit: NASA, Google Maps
Info Astronomy - Indonesia bakal menjadi satu-satunya negara yang dilintasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Tiga pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi akan dilintasi jalur gerhana total. Jika beberapa hari yang lalu kami mengulas totalitas di Pulau Sumatra, kali ini giliran totalitas di Pulau Kalimantan.

Dalam artikel ini kami tampilkan hasil simulasi Gerhana Matahari Total di beberapa kota yang dilintasi jalur total maupun gerhana sebagian pada kota-kota besar di Pulau Kalimantan, Indonesia. Selain reka gerhana, pada galeri bisa dilihat waktu terjadinya gerhana di berbagai kota besar di Indonesia.

Pontianak
Totalitas Pontianak. Kredit: The Astronomical Data Portal
Pontianak akan mendapat jatah gerhana sebagian 93%. Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 di Pontianak akan dimulai pukul 06:23 WIB, puncak gerhana akan terjadi pukul 07:27 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:40 WIB.

Palangkaraya
Totalitas di Palangkaraya. Kredit: The Astronomical Data Portal
Palangkaraya akan mendapat jatah gerhana total 100%. Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Palangkaraya akan dimulai pukul 06:23 WIB, puncak gerhana akan terjadi pukul 07:30 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:46 WIB.

Banjarmasin
Totalitas Banjarmasin. Kredit: The Astronomical Data Portal
Banjarmasin akan mendapat jatah gerhana sebagian 97%. Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 di Banjarmasin akan dimulai pukul 06:23 WIB, puncak gerhana akan terjadi pukul 07:30 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:46 WIB.

Balikpapan
Totalitas di Balikpapan. Kredit: The Astronomical Data Portal
Balikpapan akan mendapat jatah gerhana total 100%. Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Balikpapan akan dimulai pukul 06:25 WIB, puncak gerhana akan terjadi pukul 07:34 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:53 WIB.

Samarinda
Totalitas di Samarinda. Kredit: The Astronomical Data Portal
Samarinda akan mendapat jatah gerhana sebagian 98%. Gerhana Matahari Sebagian 9 Maret 2016 di Samarinda akan dimulai pukul 06:26 WIB, puncak gerhana akan terjadi pukul 07:35 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:55 WIB.

Sementara itu, daerah-daerah lain di Pulau Kalimantan yang tidak disebutkan dalam artikel ini bisa menyesuaikan saja dengan daerah terdekat. Misal bila Anda tinggal di Singkawang yang dekat dengan Pontianak, maka sesuaikan saja dengan Pontianak. Atau bila Anda tinggal di Sampit yang dekat dengan Palangkaraya, maka sesuaikan saja dengan Palangkaraya.

Pulau lain seperti  Sulawesi, Maluku, Papua dan Jawa akan bersambung pada artikel selanjutnya. Ikuti @infoAstronomy di Twitter untuk info update-nya. Selamat menyambut Gerhana Matahari Total!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.