Citra Jarak Dekat Pluto, Kini Berwarna

Pegunungan Al-Idrisi (kiri) dan lapisan es Sputnik Planum (kanan) di permukaan Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - NASA baru-baru ini telah merilis mosaik berwarna dari gabungan beberapa citra tajam permukaan Pluto yang dipotret oleh wahana antariksa New Horizons yang diperoleh selama terbang lintas dekat planet katai ini pada 14 Juli 2015.

Citra-citra berwarna ini secara berurutan dengan resolusi sekitar 77-85 meter per piksel, mengungkapkan adanya fitur yang lebih kecil dari setengah blok kota di permukaan Pluto. Data citra berwarna dengan resolusi lebih rendah (sekitar 630 meter per piksel) juga ditambahkan NASA untuk membuat mosaik baru ini.

Citra mosaik dengan kualitas High-Definition (HD) tersedia dengan mengklik tautan ini yang akan terbuka di jendela baru peramban Anda.

Citra HD pada tautan di atas membentuk strip selebar 80 kilometer, mulai dari permukaan es di Pluto yang bernama Sputnik Planum hingga melintasi pegunungan Al-Idrisi. NASA menggabungkan citra tersebut dari data yang diperoleh instrumen Long Range Reconnaissance Imager (Lorri) yang disematkan di badan New Horizons.

Uniknya, citra tersebut dipotret dari ketinggian 17.000 kilometer di atas permukaan Pluto! Berbagai macam kawah, pegunungan dan permukaan glasial terlihat pada citra HD tersebut, sehingga memberikan para ilmuwan dan masyarakat berupa citra warna beresolusi super-tinggi untuk memelajari geologi Pluto.
Citra Jarak Dekat Pluto, Kini Berwarna Citra Jarak Dekat Pluto, Kini Berwarna Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/12/2015 12:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.