Wah! Pluto Ternyata Mirip Bumi

Pegunungan di Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Pluto, mantan planet kesembilan di Tata Surya ini masih menyimpan banyak misteri. Namun dengan wahana antariksa New Horizons milik NASA yang terbang lintas dekat pada 14 Juli 2015, satu per satu misteri Pluto terungkap. Salah satunya; Pluto ternyata mirip Bumi!

Setidaknya itulah yang diceritakan oleh New Horizons dalam foto-foto terbaru yang ia kirimkan dari tepi Tata Surya. Tak percaya? Lihat dan simaklah foto-foto Pluto yang menakjubkan ini!

Dalam foto-foto terbaru Pluto, Anda akan melihat pemandangan indah yang menampilkan pegunungan es yang megah, aliran nitrogen beku dan kabut yang membayangi permukaan Pluto. Tak hanya itu, permukaan Pluto yang ditampilkan dengan sangat detil memiliki sedikit keanehan dan keunikan yang cukup dekat dengan kita. Ia tampak seperti kutub di Bumi!

Pegunungan, dataran beku dan kabut asap tipis di Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Foto yang dikirim New Horizons kali ini memperlihatkan lanskap Pluto dengan cahaya latar belakang dari Matahari. Tampak dari dekat permukaan Pluto yang berukuran 1250 km dengan sangat detil. Anda bahkan bisa membayangkan diri Anda berada di salah satu gunung es di Pluto atau sedang berkelana di Dataran Sputnik sambil menikmati setiap detilnya. Dalam foto yang diunduh pada tanggal 13 dan 14 September tersebut, detil atmosfer, gunung, gletser dan dataran di Pluto tampak jelas.

Tak hanya itu! Foto resolusi tinggi yang dikirimkan mengungkap detil kabut asap di sepanjang atmosfer nitrogen renggang di Pluto. Setidaknya tampak selusin lapisan kabut asap tipis yang merentang tak jauh dari permukaan sampai sekitar 100 km di atas permukaan. Dan yang paling menarik adalah kabut asap rendah itu disinari oleh cahaya Matahari yang sedang terbenam.

Senja yang sangat indah!

Tapi, ada hal penting lainnya dari kehadiran kabut asap tipis rendah tersebut. Ia mengisyaratkan terjadinya perubahan cuaca dari hari ke hari di Pluto. Persis seperti di Bumi. Apa saja kemiripannya? Mari kita simak.

Tombaugh Regio, wilayah berbentuk "hati" di permukaan Pluto. Dalam kotak hitam dinamakan wilayah Sputnik Planum. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Pluto ternyata memiliki siklus hidrologi atau siklus air seperti halnya di Bumi. Siklus hidrologi merupakan sirkulasi air secara terus menerus dari atmosfer ke Bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi. Bedanya, di Pluto siklus hidrologi bukan melibatkan air es melainkan es nitrogen yang lembut dan eksotik.

Kalau kita sedikit berjalan-jalan ke area terang di Timur dataran es Sputnik, maka akan tampak kalau area terang ini diselimuti oleh es yang menguap dari permukaan Sputnik dan mengendap kembali di area Timur. Foto panorama dari Pluto juga mengungkap aliran gletser yang mengalir kembali ke Dataran Sputnik dari daerah terang yang diselimuti es tersebut. Nah, fitur ini ternyata juga mirip dengan sungai beku di pinggiran tudung es di Greenland dan Antartika.

Sputnik Planum dalam foto 3 dimensi. Lihat foto di atas dengan kacamata merah-biru. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Itu semua kemiripan Pluto dengan Bumi. Tentu saja semua ini kejutan yang menyenangkan. Apalagi kemiripan itu justru datang dari sebuah obyek yang beku di tepi Tata Surya.

Dari keseluruhan foto yang dikirimkan New Horizons tersebut, cerita pendek dan utuh tentang Pluto yang bisa kita peroleh adalah, cahaya Matahari yang redup bagi Pluto ternyata masih memegang peran penting untuk menjalankan siklus hidrologi di planet katai ini.

Di Bumi, pemanasan oleh Matahari berperan untuk mengisi tudung es di daerah kutub. Pemanasan tersebut menyebabkan air berevaporasi atau menguap dari lautan, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk salju dan kembali ke lautan lewat aliran sungai es.

Nah, Pluto mirip kan dengan Bumi? Dan tidak ada satupun yang pernah memprediksi hal ini!

Avivah Yamani. LangitSelatan.com
Wah! Pluto Ternyata Mirip Bumi Wah! Pluto Ternyata Mirip Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/01/2015 01:54:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.