Satu Hari di Pluto, Satu Hari di Charon

Kombinasi foto yang dipotret New Horizons yang menggambarkan rotasi Pluto. Kredit: NASA/JHUAPL/SwRI
Info Astronomy - Tahukah Anda? Lama satu hari di Pluto setara dengan 6,4 hari di Bumi. Dan seperti Pluto, Charon (satelit alami terbesar Pluto) kala rotasinya juga setara dengan 6,4 hari di Bumi. Penelitian yang menarik ini berhasil dilakukan oleh tim misi New Horizons.

Citra Pluto di atas dipotret menggunakan instrumen Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) dan Ralph/Multispectral Visible Imaging Camera yang berada pada badan wahana antariksa New Horizons ketika wahana antariksa ini berada dari jarak 8 juta kilometer hingga 645.000 kilometer dari Pluto pada 13-14 Juli 2015.

Kombinasi foto ini menggambarkan gerak rotasi Pluto yang berlangsung selama 6,4 hari Bumi sekali. Sebagai perbandingan, Bumi hanya butuh waktu 24 jam untuk melakukan sekali rotasi.

Kombinasi foto rotasi Charon. Kredit: NASA/JHUAPL/SwRI
Citra rotasi Pluto yang berada di posisi jam 3 dan jam 6 menunjukkan wilayah berbentuk hati yang beku di Pluto, yang informal bernama Tombaugh Regio. Sementara citra rotasi Pluto yang berada di posisi jam 12 merupakan gabungan dari beberapa citra untuk membuat gambar komposit wilayah "belakang" Pluto.

Sema halnya dengan Pluto, citra rotasi Charon juga dipotret menggunakan oleh LORRI dan Ralph/MVIC dari sekitar tanggal 07-13 Juli 2015 ketika wahana antariksa New Horizons berada pada jarak 10,2 juta kilometer dari Charon.

Saat ini, wahana antariksa New Horizons sedang meluncur ke arah sasaran terbang lintas berikutnya di Sabuk Kuiper.
Satu Hari di Pluto, Satu Hari di Charon Satu Hari di Pluto, Satu Hari di Charon Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/21/2015 08:01:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.