Pluto Mungkin Menyimpan Kehidupan di Bawah Permukaannya

Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Fisikawan dari University of Manchester, Brian Cox mengungkapkan, Pluto mungkin menyimpan kehidupan di bawah permukaannya berdasarkan hasil pengamatan wahana antariksa New Horizons yang berhasil lintas dekat planet kerdil itu pada Juli 2015.

Cox mengatakan, informasi tentang Pluto yang telah dikirim ke Bumi sudah memberi harapan besar terkait Pluto yang mampu mendukung kehidupan. Permukaan Pluto kaya akan pegunungan es, sangat tidak mungkin kehidupan berada di sana. Namun bawah permukaannya mungkin menyimpan lautan yang cukup hangat untuk tempat tumbuh suburnya kehidupan.

Cox mengatakan, New Horizons menunjukkan kepada kita tentang kemungkinan adanya lautan di bawah permukaan Pluto, yang artinya, bila pemahaman kita tentang kehidupan di Bumi tepat, kita bisa menjumpai kehidupan di sana (Pluto).

Hingga saat ini, belum banyak yang dipahami tentang obyek yang diturunkan dari "jabatannya" dari planet menjadi planet kerdil atau katai pada tahun 2006 itu. Dari keseluruhan data yang didapatkan New Horizons, baru 15 persen yang terkirim ke Bumi.

Meski begitu, dengan melihat bulan-bulan di sekitar Jupiter dan Saturnus yang telah terbukti memiliki lautan bawah permukaan, lautan di Pluto sangat mungkin sama. Cox mengingatkan, walaupun kehidupan mungkin ada di Pluto, bentuknya mungkin akan sangat berbeda dengan di Bumi. Bukan berarti ikan dan tumbuhan laut ada di sana.

"Apa yang sains katakan kepada kita adalah bahwa kehidupan kompleks itu langka. Kita secara fisik sangat tidak signifikan dan mungkin sangat berharga," katanya seperti dikutip The Independent.

Kehidupan di Pluto bisa saja tidak seperti kehidupan cerdas. Kehidupan asing ini bisa jadi hanya sebuah mikroba kecil atau makhluk-mahkluk air asing yang belum pernah kita temui di Bumi. Tapi apapun itu, jika benar ada kehidupan di bawah permukaan Pluto, ini memerjelas bahwa kita tidak sendirian di alam semesta.\

Kompas.com
Pluto Mungkin Menyimpan Kehidupan di Bawah Permukaannya Pluto Mungkin Menyimpan Kehidupan di Bawah Permukaannya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/27/2015 10:33:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.