Komet Lovejoy Produksi Alkohol Setara 500 Botol Wine per Detik

Komet Lovejoy, Februari 2015. Kredit: Fabrice Noel
Info Astronomy - Miliaran tahun yang lalu, sebuah komet mungkin telah membawa air bagi sumber kehidupan di Bumi, setidaknya secara teori ilmiah. Namun komet Lovejoy ini unik, ia memproduksi alkohol, bahan yang digunakan untuk membuat sebotol anggur, bir, maupun minuman keras.

Ini pertama kalinya para astronom telah berhasil mendeteksi molekul memabukan ini pada sebuah komet, dan temuan ini menambah bukti bahwa komet memang benar-benar pembawa kehidupan di sebuah planet, termasuk Bumi kita.

"Kami menemukan bahwa komet Lovejoy memproduksi banyak sekali alkohol, setidaknya setara 500 botol wine setiap detik selama aktivitas puncaknya," kata Nicolas Biver, penulis utama dari makalah tentang penemuan ini, dilansir dari Popular Science.

Tidak hanya molekul alkohol saja yang berhasil ditemukan, komet Lovejoy juga memproduksi molekul organik lainnya. Tim astronom bahkan mendeteksi 20 material lain pada komet Lovejoy ini, termasuk gula glikolaldehida, yang mungkin memainkan molekul penting dalam membangun nukleotida DNA dan asam amino yang membentuk protein.

Tim astronom yang meneliti komet Lovejoy ini telah melakukan penelitian sejak bulan Januari 2015, ketika komet Lovejoy melewati titik terdekat dengan Matahari. Pada saat itu, energi dari Matahari membuat komet Lovejoy melepaskan frekuensi gelombang mikro.

Molekul yang berbeda bergetar dan melepaskan energi dalam panjang gelombang yang berbeda, tergantung pada atom yang hadir dan bagaimana mereka terikat bersama. Para ilmuwan menggunakan tanda gelombang mikro molekul-molekul ini untuk menentukan terdapat molekul apa saja pada komet Lovejoy.