Siap-siap, Akhir November hingga Desember Bakal Muncul Komet Catalina

Komet Catalina dipotret pada 1 Oktober 2015. Kredit: Jose J. Chambo
Info Astronomy - Sebuah komet yang ditemukan dua tahun lalu akan mencapai titik paling dekatnya dengan Matahari akhir pekan ini (15 November 2015), dan pada akhir November ini, sang komet mungkin terlihat dengan mata. Ia akan berada di langit dinihari, namanya Comet C/2013 US10 (Catalina).

Komet ini ditemukan pada 31 Oktober 2013 oleh Catalina Sky Survey di Arizona, AS. Pada awalnya, para astronom berpikir komet ini adalah asteroid berbatu atau logam, tapi pengamatan lebih lanjut memastikan benda ini adalah komet es.

Pada akhir November, komet Catalina diprediksi akan mencapai magnitudo visual 5 atau 6, yang berarti berada pada batas kecerlangan yang mampu dilihat dengan mata telanjang dari langit yang benar-benar gelap.

Kapan dan di mana agar bisa menemukan Komet Catalina? Mulailah berburu komet Catalina di langit pada antara pertengahan November hingga awal Desember 2015, komet Catalina akan berkedudukan di langit arah Timur --arah Matahari terbit-- saat dinihari atau saat Matahari belum terbit.

Namun, dekatnya kedudukan komet Catalina dengan cakrawala membuat kenampakan komet sulit untuk dilihat. Kita harus menunggu hingga sekitar pekan terakhir bulan November hingga bulan Desember. Karena pada saat itu kedudukan komet sudah mulai tinggi di langit. Kabar baiknya, ketika tahun baru 2016 nanti, komet Catalina akan tetap muncul di langit Bumi kita (dengan catatan ia tidak hancur di perihelion).

Ingat, komet bergerak perlahan di langit kita. Ia tidak bergerak cepat layaknya meteor. Komet cenderung bergerak semu, layaknya pergerakan Bulan dan bintang-bintang di langit. Pastikan Anda berada di lokasi yang benar-benar gelap, jauh dari lampu-lampu kota.

Pengamatan akan sedikit sulit jika Anda tidak memiliki teleskop. Sebab di sini teleskop berfungsi untuk menemukan letak komet lebih dulu, lalu mulai mengamati dengan mata telanjang jika komet sudah ditemukan lewat teleskop tadi.

Letak komet Catalina pada 30 November 2015 di langit Timur sedikit ke Tenggara saat dinihari. Kredit: Stellarium
Seperti apa kenampakan Komet Catalina? Pengamatan terbaru menunjukkan komet telah mengembangkan ekornya sepanjang 800.000 km! Jadi pada bulan November 2015, jika Anda mengamati komet Catalia dengan teleskop, Anda dapat melihat ekor komet yang cukup menarik.

Anda tidak akan melihat warna hijau pada komet seperti yang ditunjukkan dalam foto paling atas jika hanya mengamati dengan mata telanjang. Tapi pengamatan menggunakan teleskop mungkin bisa melihat sedikit inti komet (yang disebut "koma") yang berwarna hijau. Warna hijau ini berasal dari gas seperti karbon diatomik.

Komet Catalina di langit Timur sedikit ke Tenggara di dekat Bulan Sabit dan Venus sebelum fajar. Kredit: Stellarium
Berikut adalah beberapa tanggal penting.

15 November 2015. Komet Catalina berada di perihelion (titik paling dekat dengan Matahari). Jarak perihelionnya mencapai 0.82 SA dari Matahari (1 SA = 150 juta km). Komet Catalina bergerak dengan kecepatan 166,000 km/jam relatif terhadap Matahari di perihelion.

23-30 November 2015. Komet Catalina mulai terlihat untuk para pengamat di belahan Bumi Utara.

7 Desember 2015. Komet terlihat dekat dengan Venus dan Bulan Sabit. Dan semoga saja komet Catalina mampu diamati dengan mata telanjang pada momen ini. Pada tanggal ini adalah tanggal yang baik untuk memotret komet di langit.

31 Desember 2015-1 Januari 2016. Komet Catalina berada di dekat bintang Arcturus di langit malam. Kesempatan kedua untuk memotret dan menemukannya.

17 Januari 2016. Komet Catalina akan berada pada jarak sekitar 110 juta kilometer dari Bumi. Masih sangat, sangat, sangat, sangat jauh dari Bumi, bahkan ratusan kali lebih jauh dari jarak Bumi-Bulan. Jadi tidak ada bahaya tabrakan.

Jadi, sudah siap untuk berburu Komet Catalina?
Siap-siap, Akhir November hingga Desember Bakal Muncul Komet Catalina Siap-siap, Akhir November hingga Desember Bakal Muncul Komet Catalina Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/10/2015 12:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.