Komet Catalina yang Miliki Dua Ekor

Komet Catalina yang terlihat memiliki dua ekor. Kredit: Chris Schur, EarthSky
Info Astronomy - Komet C/2013 US10 (Catalina) akhirnya terlihat di langit Bumi! Beberapa pengamat langit dalam beberapa hari terakhir telah berhasil mengamatinya. Seperti sebuah foto yang diambil pada 22 November 2015 oleh Chris Schur dari Payson, Arizona ini yang menunjukkan adanya dua ekor pada komet.

Pada hari-hari berikutnya, diprediksi Komet Catalina kedudukannya akan semakin naik dan tinggi di langit saat dini hari sehingga akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Sayangnya, Komet Catalina akan terlalu redup untuk diamati dengan mata telanjang, ia bakal memiliki magnitudo antara +7,6 hingga +6 (batas magnitudo yang bisa dilihat dengan mata telanjang). Tapi kabar baiknya, komet akan semakin terang hingga Januari 2016.

Komet Catalina seperti kebanyakan komet yang memiliki dua ekor: terdiri dari ekor debu dan ekor plasma gas yang terionisasi. Dua ekor ini bergerak menjauh dari Matahari dan biasanya tidak selaras dengan arah gerak komet. Sebaliknya, ekor komet merupakan bagaimana gas dan debu bereaksi terhadap panas Matahari.

Komet Catalina telah berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari (atau yang disebut sebagai perihelion) pada tanggal 15 November 2015, sehingga masih sulit untuk menemukannya saat ini karena kedudukannya di langit masih begitu dekat dengan cakrawala sebelum Matahari terbit.

Pengamatan komet mungkin akan lebih mudah pada akhir November ketika ia bergerak lebih tinggi. Sebuah posisi yang lebih tinggi di langit akan memberikan kontras yang lebih baik dan pengamatan selanjutnya akan lebih mudah karena terlihat lebih terang.

Pada akhir bulan ini, Komet Catalina mungkin akan mencapai magnitudo +5 atau +6, yang berarti masih berada dalam batas untuk bisa dilihat dengan mata telanjang. Ia akan berada di langit saat dini hari, dekat planet dan Bulan pada awal Desember.

Letak Komet Catalina pada 7 Desember 2015. Planet Venus dan Bulan akan memudahkan untuk menemukannya.

Komet Catalina yang Miliki Dua Ekor Komet Catalina yang Miliki Dua Ekor Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/23/2015 01:15:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.