Inilah Pesan yang Telah Dikirim Manusia untuk Alien Melalui Voyager

Wahana antariksa Voyager 1 dan Voyager 2 telah diluncurkan pada tahun 1977, dan sekarang menjadi benda buatan manusia yang berada pada jarak terjauh dari Bumi. Kedua wahana antariksa ini disematkan sebuah Golden Record di badannya, yang berisi pesan untuk "siapapun" yang kebetulan nantinya menemukan mereka.
Golden Record. Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - Wahana antariksa Voyager 1 dan Voyager 2 telah diluncurkan pada tahun 1977, dan sekarang menjadi benda buatan manusia yang berada pada jarak terjauh dari Bumi. Kedua wahana antariksa ini disematkan sebuah Golden Record di badannya, yang berisi pesan untuk "siapapun" yang kebetulan nantinya menemukan mereka.

Golden Record pada kedua wahana antariksa Voyager ini berisi informasi dasar tentang pengetahuan kita terkait ilmu pengetahuan, dengan diagram menunjukkan pemahaman kita tentang atom dan posisi kita (manusia Bumi) di alam semesta. Golden Record bakal memberikan siapapun (re: makhluk luar angkasa) yang menemukan Voyager sekilas informasi kehidupan di Bumi.

Ada 116 gambar yang menggambarkan seperti apa kehidupan di Bumi, di antaranya gambar-gambar transportasi, lokasi-lokasi terkenal di Bumi, foto-foto kebudayaan Bumi, dan lain-lain. Termasuk gambar diagram anatomi manusia. Dari 116 gambar, 20 di antaranya merupakan gambar berwarna, dan sisanya hitam-putih.

Golden Record juga berisi rekaman ucapan salam dari lebih dari 50 bahasa (termasuk Bahasa Indonesia), suara dari Bumi, musik berdurasi 90 menit, dan pesan dari Presiden Amerika Serikat pada saat peluncuran, Jimmy Carter.

"Ini adalah hadiah dari dunia yang jauh dan kecil, tanda suara kami, ilmu pengetahuan kami, gambar kami, musik kami, pikiran dan perasaan kami," kata Jimmy Carter dalam pesannya. "Kami berharap suatu hari nanti, setelah memecahkan masalah yang kami miliki, kami bisa bergabung dengan komunitas peradaban galaksi."

Voyager 1 dan Voyager 2 terus berkomunikasi dengan Bumi, Voyager 1 bahkan telah resmi meninggalkan Tata Surya, sedangkan Voyager 2 masih berada di tepi Tata Surya. Tapi kedua wahana antariksa ini masih butuh waktu yang lama sampai mereka tiba di dekat bintang lain.

Voyager 1 masih berjarak 1,7 tahun cahaya dari bintang di konstelasi Ursa Minor, diprediksi akan tiba di bintang tersebut dalam 40.000 tahun mendatang. Sementara Voyager 2 masih berjarak 1,8 tahun cahaya dari bintang di rasi Andromeda, dan butuh waktu yang sama seperti Voyager 1 untuk sampai bintang tersebut.

Sayangnya, Voyager 1 dan Voyager 2 akan kehabisan daya di tahun 2020an, sehingga mereka akan mati dan tidak akan berkomunikasi lagi dengan Bumi, menyimpan pesan abadi dari peradaban kita ke peradaban lain di luar sana.

Lihat rekaman salam, musik dan suara-suara Bumi dari Golden Record di sini.

Inilah video dari gambar-gambar apa saja yang ada di Golden Record: