Inilah Definisi Baru dari Planet, Sayangnya Pluto Tetap "Terdiskriminasi"

Poor Pluto. Kredit: Accordingtodevin.tumblr.com
Info Astronomy - Definisi sebuah planet masih menjai kontroversi. "Penurunan pangkat" Pluto dari planet menjadi planet kerdil atau planet katai pada tahun 2006 membuat kegemparan ketika International Astronomical Union (IAU) mengubah definisi planet. IAU menyatakan, planet harus memiliki bentuk bulat dan orbitnya bersih dari orbit puing antariksa lainnya, Pluto tidak menyanggupi persyaratan IAU.

Namun, definisi planet yang diubah oleh IAU pada tahun 2006 sejauh ini berjalan baik bagi planet-planet di Tata Surya kita, di mana planet-planet tersebut cukup dekat untuk dipelajari. Tapi pada dasarnya, defisini planet tahun 2006 tersebut tidak berguna untuk planet ekstrasurya, yang sebagian besar jaraknya terlalu jauh untuk dilihat apakah orbit mereka telah bersih dari orbit puing antariksa lain atau tidak.

Jadi, salah satu ilmuwan dari University of California bernama Jean-Luc Margot telah menemukan formula definisi planet yang baru yang dapat berfungsi untuk planet-planet di Tata Surya maupun planet di luar tata surya (eksoplanet) hanya dengan mengetahui massa, periode orbitnya, dan massa dari bintang induknya.

"Kita tidak harus memerlukan perangkat teleportasi untuk memutuskan apakah sebuah objek yang baru ditemukan Hubble atau Kepler adalah sebuah planet atau bukan," kata Margot dalam sebuah pernyataan. Makalahnya telah diterbitkan pada Astronomical Journal, dan pra-cetaknya tersedia di arXiv. Pemodelan rumus yang dirancang Margot dapat dilihat pada bagian tiga dari makalahnya.

Menggabungkan data orbital dan rumus massa, memudahkan para astronom untuk mengetahui apakah sebuah planet yang jauh orbitnya telah bersih dari orbit puing antariksa lain atau tidak. Hanya planet yang telah membersihkan semua puing-puing hingga lima kali lingkup pengaruh gravitasi yang dikenal sebagai "feeding zone" atau radius Hill, sehingga bisa dianggap sebagai planet dengan definisi baru dari Margot.

"Dalam semangat resolusi IAU, kami menyarankan bahwa planet yang mampu membersihkan orbitnya dalam interval waktu yang ditentukan bisa dikategorikan sebagai sebuah planet," tulis Margot dalam makalahnya.

Dalam makalahnya, Margot juga menulis bahwa sebuah planet harus memiliki massa dibawah 13 kali massa Jupiter, karena massa membatasi untuk fusi termonuklir deuterium, ketika planet mulai menjadi bintang. Sekadar info, Jupiter adalah bintang gagal.

Dengan demikian, definisi baru sebuah planet adalah sebagai berikut: Sebuah objek antariksa dapat disebut planet ketika ia mengorbit sekitar satu atau lebih bintang dan memiliki massa di bawah 13 kali massa Jupiter. Sebuah objek juga tidak perlu berbentuk bola atau bulat, seperti definisi IAU, karena objek yang dapat membersihkan orbitnya dari puing antariksa lain hampir pasti bentuknya adalah bulat.

Bagaimana dengan Pluto? Menurut IAU, definisi planet adalah objek antariksa yang mengorbit di sekitar Matahari, memiliki massa yang cukup untuk mengatasi tarikan gravitasinya sehingga memiliki kesetimbangan hidrostatik (hampir bulat), serta telah membersihkan orbitnya dari puing antariksa lainnya.

Pluto memang relatif bulat dan mengorbit Matahari, tetapi sayangnya ia tidak memenuhi kriteria karena orbitnya melewati orbit Neptunus. Pluto bahkan tidak juga bisa diangkat kembali sebagai planet dengan definisi baru dari Margot. Namun sejauh ini, tidak ada kabar tentang apakah IAU akan mempertimbangkan untuk menggunakan klasifikasi baru ini. Mengingat sidang umum IAU berikutnya tidak akan diadakan hingga 2018, setidaknya kita tahu lebih dulu tentang definisi planet terbaru ini.

Poor Pluto...
Inilah Definisi Baru dari Planet, Sayangnya Pluto Tetap "Terdiskriminasi" Inilah Definisi Baru dari Planet, Sayangnya Pluto Tetap "Terdiskriminasi" Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/11/2015 11:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.